FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

2027 Views

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Bupati Subang H. Ruhimat berkomitmen agenda Festival Seni Usungan Satatar Sunda akan dijadikan agenda tahunan Pemkab Subang.

Ini disampaikan Bupati pada saat pembukaan Festival Seni Usungan Satatar Sunda di Alun-alun Subang, Kamis (04/04/2019). Untuk pertama kalinya, Festival Seni ini diikuti sejumlah Kabupaten/Kota di Jabar plus DKI Jakarta. Mereka membawa kesenian tradisional andalan di daerahnya

Jakarta misalnya, mereka menyuguhkan kesenian Ondel-ondel, Kabupaten Bandung menampilkan Seni Reak, Kota Bandung mengusung Seni Ulin Barong Sakeloa, Kota Banjar dengan Seni Kakalaongan, Kota Bogor menampilkan Seni Langir Badong, Kota CImahi dengan Seni Munding Dongkol dan Kabupaten Cimahi mempertunjukkan Seni Bebegig.

VIDEO: Kemeriahan Pawai Alegoris Hari Jadi ke-71 Kabupaten Subang

Sebagai tuan rumah, Kabupaten Subang menyuguhkan kesneian kahsnya, Sisingaan dari sejumlah group seperti dari Kecamatan Cibogo, Jalancagak dan Kecamatan Subang. Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan kegiatan yang menyuguhkan kesenian tradisional itu patut diapreisasi. Ini membuktikan, daerah, tidak hanya kaya dengan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia, tapi memiliki potensi kultural.

"Sudah selayaknya ini menjadi kebanggan kita bersama, dan selayaknya juga untuk kita apresiasi bersama. Ini harus menjadi kegiatan tahunan, tidal hanya untuk tingkat Jabar, tapi bisa untuk nasional dan Asia," kata Bupati yang disambut aplaus peserta dan warga.

Agenda untuk kali pertamanya ini, mendapat sambutan ribuan warga Subang. Mereka menyemut dan membuat lingkaran di tengah lapangan menikmati setiap penampilan dan atraksi kesenian dari masing-masing daerah. Bahkan, pada saat hujan turun, mereka tetap bertahan menyaksikan suguhan kesenian tradisional. Antusiasme masyarakat semakin menjadi, saat penampilan Seni Sisingaan daru Pusakanagara dengan menghadirkan mentalis, Limbad.

Komentar Anda

Video Lainnya: