FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Seminar Nasional HUT UNMA Ke-13, Hadirkan Guru Besar UPSI Malaysia

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Seminar Nasional dengan tema Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Revolusi Idustri 4.0 pada HUT UNMA ke-13 mendatangkan Guru Besar Univeraitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) Senin (29/4/2019).

Bertempat di Auditorium Universitas Majalengka peserta seminar nasional yang juga hadir dari wilayah III Cirebon tak beranjak dari tempat duduk saat Prof. Dato Dr. Mohammad Shattar Shabran (Vice Chancellor Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia) memberikan ceramahnya dengan dimoderatori Dr. Jaka Sulaksana.

Dalam paparannya Prof. Dato Dr. Mohammad Shattar Shabran mengatakan sebetulnya perguruan tinggi itu sebaiknya fokus pada peningkatan kualitas mahasiswa. Jika kualitas mahasiswa sudah tinggi maka bersaing di era global seperti ini sangatlah mudah.

Kepada ratusan peserta ia juga berpesan dengan 3R (Relevant, Referred, Reapected) dan 3L (Learning by Doing, Learning by Seeing, Learning by Listening). "Jika 3 L ini dilakukan dengan baik maka pergiruan tinggi bisa maju artinya jika mahasiswanya maju maka perguruan tingginya juga akan maju, apakah mau berada di 4.0 atau 5.0 jika mahasiswanya sudah ter upgrade semuanya akan mudah," paparnya.

Dengan menggunakan dua bahasa yaitu Inggris dan Melayu, kepada media ia mengatakan apa yang ia bicarakan di depan peserta seminar lebih kepada motivasi peningkatan kualitas mahasiswa. Ia menilai Mahasiswa Universitas Majalengka sudah bagus namun ia juga perlu menekankan ada pertukaran pelajar atau mahasiswa antar bangsa baik dengan Malaysia, Singapura, Filipina maupun Thailand.

"Perbedaan Mahasiswa di Indonesia dan Malaysia, di Malaysia jika masuk Perguruan Tinggi maka ia sudah menguasai bahasa Inggris agar bisa bersaing antar bangsa. Dan di Malaysia pemakaian bahasa Inggria adalah hal yang sudah biasa," ungkapnya.

Sementara itu Rektor Universitas Majalengka Prof. H. Sutarman mengatakan hadirnya Prof. Dato Dr. Mohammad Shattar Shabran dari UPSI Malaysia sebagai kerjasama dua Universitas yaitu UNMA dan UPSI.

"Kerjasama UNMA dan UPSI, adalah kerja sama yang sangat memungkinkan untuk dilakukan, selain sebagai bangsa serumpun, antara UNMA dan UPSI memiliki kesamaan diantaranya memiliki prodi Pertanian, prodi Ekonomi dan bisnis, prodi teknik Informatika dan lainnya, saya berharap seminar nasional ini akan memberi motivasi pada peserta, pesan yang disampaikan menjadi ilmu dan wawasan baru bagi mereka," kata Prof. SutarmN

Sementara itu seperti diketahui sebelumnya bahwa Rektor UNMA Prof. H. Sutarman beberapa waktu lalu juga sempat diundang dan menjadi pembicara di UPSI Malaysia. Dan sebagai kunjungan balasan kerjasama kedua universitas Prof. Dato Dr. Mohammad Shattar Shabran hadir pada HUT UNMA ke-13 menjadi pembicara seminar nasional.


Twitter Update

Indonesia Kirim 4 Wakil ke Perempatfinal Juara Dunia Bulutangkis 2019 https://t.co/8GMLqtmiqa
Heboh Mantan Bupati Garut Terjaring Razia di Hotel https://t.co/ovlHwt7N8D
Daffa Fajri, Pelopor Keselamatan Transportasi Darat Favorit tingkat Jabar https://t.co/6NBl8WrQCk
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page