FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

HIMAPTIKA FKIP Unma Gelar LKTI Tingkat Mahasiswa Se-Wilayah 3 Cirebon.

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Puluhan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di wilayah 3 Cirebon mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Mahasiswa se-Wilayah 3 Cirebon.

LKTI ini igelar digelar Himaptika FKIP-UNMA. LKTI ini merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Matematika (Himaptika) Universitas Majalengka. Pada LKTI tahun ini diikuti 21 peserta baik kelompok maupun perorangan dengan Reviewer Juri Nia Kania M.Pd, Zaenal Arifin, M.Pd, Muhamad Gelar Jatisunda, M.Pd, Iik Nurhikmayati M.Pd. Erik Santoso M.Pd, E. Mulya Samsyul M.Pd dan Dr. Yoyo Zakaria M.Pd.

"Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Al-quran  yang di dalamnya ada perintah membaca, menganalisa dan kajian yang dituangkan pada karya tulis. Ikutilah setiap ada lomba karya tulis. Jangan pandang juaranya. Namun dengan ikut berpartisifasinya saja dia sudah menang mengalahkan rasa malasnya. Karena karya akan terus hidup walapun penulisnya sudah wafat," papar Wakil dekan 1 Dr. Yoyo Zakariya.

Sementara Ketua Prodi Matematika FKIP Unma Nia Kania mengatakan bahwa kegiatan LKTI penting dilaksanakan karena sangat mendukung visi dan misi yang ada pada prodi Matematika. "Di masa yang akan datang LKTI akan memberi pengalaman bagaimana bisa menganalisa sesuatu yang baru. LKTI akan memberikan sumbanhsih dan pemikiran terhadap ilmu pengetahuan. Semoga kedepan akan semakin banyak lagi peserta yang mengikuti LKTI," harapnya

Sedangkan Dekan FKIP Unma Dr. Indra Adi Budiman, kegiatan ini diharapkan akan melahirkan inovasi baru tentang strategi pembelajaran Matematika yang cenderung sekarang ini terlalu kering, tidak kontekstual dan bersifat semu. Sehingga matematika tidak dipandang sebagai hantu yang menakutkan, akan tetapi sahabat yang akan memberikan kesenangan, tegasnya

LKTI digelar sejak 1 April hingga 16 Mei 2019 lalu. Sementara pengumuman pemenang LKTI digelar Sabtu (25/5/2019 di Aula FKIP Universitas Majalengka yang dihadiri Wakil Dekan 1 Dr. Yoyo Zakariya dan Ketua Prodi Matematika Nia Kania M.Pd serta seluruh Reviewer Juri.

Adapun hasil keputusan juri, para pemenang LKTI tingkat Mahasiswa se-wilayah 3 Cirebon kata Ketua Pelaksana acara Dewi Fitriyani yaitu:

Juara 1 Skor 337
Elvira Mentari A. (UNMA)
Judul KTI “Peran Etnomatematika di Sekolah dalam Upaya Peningkatan Stigma Positif Pelajar Terhadap Pembelajaran Matematika”.

Juara 2 Skor 300

Enok Siti Apipah, Neng Sri Nurbaeti (STKIP Muhammadiyah Cirebon)
Judul KTI: “Silih-Asah Silih-Asih Silih-Asuh dalam Pendidikan Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sunda”.

Juara 3 Skor 291
Elis Yuningsih, Siti Julaeha, Badilah Bin Rawin (UNSWAGATI).
Judul KTI: "UTE (Ular Tangga Edukatif ) : Permainan Edukatif Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Menciptakan Penunjang Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Menghadapi Revolusi
Industri 4.0”

Juara 3 skor 291 
Gina Purwanti dan Dina Sri Zulhij (STKIP Muhamadiyah Kuningan)
Judul KTI: “Pemanfaatan Budaya Sunda dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, papar Dewi. (Echa)


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel