Jelang Lebaran, Santri Tani Milenial Ponpes Darul Falah Cisalak Panen Ayam

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Program Santri Tani Milenial di Pondok Pesantren Darul Falah Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, yang digagas Kementerian Pertanian era pemerintahan Presiden Joko Widodo menuai hasil positif. Kini para santri di pesantren ini menjual ayam-ayam ternaknya secara langsung kepada para pedagang.

"Alhamdulillah dari 500 ekor ayam ada yang mati sekitar 150 ekor karena banyak faktor penyebabnya, tapi kami berhasil menjual sisanya dan menyisakan 30 ekor bibit lama, kami jual langsung ke pedagang supaya bisa  tinggi harganya, dan mau lebaran ini memang harganya lagi bagus," ucap Bagian Penjualan Program Santri Tani Milenial Pondok Pesantren Darul Falah Subang, Dadang Sukmana.

Dadang mengatakan target penjualan pertama hanya untuk menutup biaya operasional, dan mendatangkan bibit baru. Soal keuntungan, kata Dadang belum maksimal karena banyak yang mat. "Minimal kami tetap bertahan dengan bantuan ini, beternak untuk kebutuhan pesantren, dan kami tidak rugi Al Hamdulillah," imbuh Dadang

Kepala Program Santri tani milenial, Riki Hamdani mengatakan bahwa dengan berbisnis beternak ayam santri milenial ini,  ada beberapa santri yang jadi memiliki pengasilan dan berbagi dengan pondok pesantren dari hasil usahanya, selain itu memiliki nilai ibadah tinggi karena bisa berbagi dengan berbagi kepada para guru ngaji di sekitar pesantren.

"Ada beberapa kyai kampung kami bagi juga ayamnya sekedar membantu persiapan sebelum lebaran, kami berharap bukan keuntungan duniawi saja tapi ada yang sifatnya ukhrowi, karena shodaqah itu kan menolak bala dan menghapus dosa, mudah-mudahan kedepan bisa tambah maju usaha yang dimodali pemerintah ini," lanjutnya.

Menurut Riki, kedepan Ponpes Darul Falah selain terus mempertahankan bisnis ternak ayam kampung juga akan menambah unit usaha berupa ternak domba atau kambing serta usaha yang memang sesuai dengan kultur di kawasan sekitar pesantren.

"Kami sudah membuat kelompok tani untuk ternak domba, dari masyarakat jamaah pondok pesantren, selain ayam juga. Setelah idul fitri kami akan geber 3 program ternak domba, ayam dan ikan, mudah-mudahan pemerintah juga bisa membantu lagi, atau ada pihak lain yang mau bersinergi dengan pengembangan ekonomi pesantren," lanjutnya.

Terpisah, pimpinan ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kyai Ridwan Hartiwan membenarkan hal tersebut dia bahkan "menantang" pemerintah untuk kembali meluncurkan program terobosan lainnya bagi pondok pesantren.

"Terimakasih pak Jokowi, kami laksanakan amanahnya mudah-mudahan ada bantuan lain untuk bisa dikembangkan kembali di pesantren yang adanya di pelosok desa," ucapnya.

Pihaknya, kata Ridwan berterimakasih atas bantuan dan bimbingan dari Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Subang, Polbangtan, serta Pondok Pesantren Al Ittifak Ciwidey yang juga ikut membimbing para santri dalam program ternak ayam santri milenial.

"Kami juga berterimakasih kepada pesantren Al Ittifaq Ciwidey dan Pesantren Miftahul Huda Purwakarta yang telah membimbing dan berbagi ilmu kepada para santri dalam beternak ayam di Pondok Pesantren Darul Falah, mudah-mudahan kebaikannya dibalas Alloh SWT," pungkasnya.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

SHA & DONLEGO, Tour Indonesia 20 Juli Parkir Bintang Fantasi Pamanukan Subang https://t.co/xwbEahfaod
17 Juli Gerhana Bulan Parsial, Cek Lokasi dan Waktunya Untuk Melihatnya https://t.co/bRKF2ytYhd
Maman Yudia Kokoh di Posisi Ketua PDIP Subang, Beni dan Ating Tersingkir? https://t.co/ltnpMnvoRi
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page