FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Khutbatul Ibtida Cara Ponpes Santi Asromo Majalengka Dekatkan Santri dengan Pesantren

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Setiap memasuki tahun ajaran baru, Pondok Pesantren Santi Asromo di Pasirayu, Kecamatan Sindang, Majalengka mengenalkan dan mendekatkan Santri dengan Pesantren lewat Khutbatul Ibtida.

Khutbatul Ibdtida ini merupakan Tausiyah Pembukaan dari Pimpinan Pondok dan atau Narasumber tertentu untuk membekali para Santri dan Orang tua untuk siap mondok dan mencari ilmu di Pondok Mufidah Santi Asromo. Khutbatul Ibtida ini digelar pada pekan pertama awal tahun ajaran.

Sesuai agenda, sebanyak 269 santri mulai masuk ke Pesantren pada 13 Juli 2019 mendatang. Pada khutbatul Ibtida ini selain Pidato dari Petinggi Pesantren, akan diisi pula dengan sejumlah kegiatan, yang dikemas dalam Pekan Taaruf Santri atau Pentas.

Dalam Pentas ini akan diisi, diantaranya Pengenalan Lingkungan Pondok, Pengenalan Aktivitas Pondok, Pendidikan dasar kemandirian untuk siap hidup di Pondok, Pengenalan Tata Krama Santri, Pengenalan Pola Belajar di Pondok yang terpadu dengan Sekolah, Outbond, Games dan lainnya

Mudir Ma’had Santi Asromo, Abi Zaki Mulyatno, mengatakan memondokkan anak ke Pesantren harus benar-benar didasari dengan keikhlasan, seperti ikhlas untuk tidak bersama lagi setiap waktu, ikhlas dengan segala keterbatasan fasilitas di pondok, ikhlas untuk bergaul dengan beragam karakter anak di asrama, ikhlas untuk mengikuti ketentuan pondok yang sangat berbeda dengan kebiasaan di rumah dan keikhlasan-keikhlasan lainnya.

"Karena tanpa dasar keikhlasan tersebut banyak yang tidak berhasil dalam menjalaninya terutama pada 6 bulan pertama," kata Zaki

Melepas anak untuk mondok, kata Zaki, bagian dari mendidik mereka untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan di luar lingkungan rumah, bergaul menghadapi teman baru dengan berbagai karakter, melatih kemandirian, mendidik untuk dapat menyelesaikan masalahnya sendiri dan yang terpenting adalah berupaya mendekatkan anak kepada Al Quran dan sunnahnya.

"Disinilah peran orang tua untuk dapat menanamkan pengertian tersebut kepada anak-anaknya sebelum berangkat ke pondok. Bekali mereka dengan rasa percaya diri, dan sadarkan bahwa jalan yang ditempuhnya adalah jalan menuju surga nya Alloh," tegas Zaki.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIAJUcom
Youtube: TINTAHIJAU Channel


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

1000 Orang akan Menari Belentung di Bendungan Rentang Majalengka https://t.co/Dhoieq5lJC
Lokasi Debut Persib Bandung vs Persija Jakarta Belum Jelas https://t.co/aQHcROSxJe
Ditolak Kencan Lama, Pemuda Purwakarta Ini Nekad Bunuh Pasangannya di Karawang https://t.co/JOrtR0JPqi
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page