Majalengka Reptile Mania, Bersahabat dan Bermain dengan Satwa

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Majalengka Reptil Mania (Marema) adalah komunitas pecinta reptil di Kabupaten Majalengka. Kehadirannya mulai dikenal masyarakat karena aktif meramaikan Car Free Day di Alun-alun Majalengka setiap hari Minggu.

Tahun ini, adalah enam tahun usia komunitas yang bermarkas di Jl. Sukarame Kelurahan Majalengka. Ketua Majalengka Reptil Mania Julian Rahman mengatakan, jumlah komunitas pecinta reptil di Majalengka hanya sekitar 30 orang. Setiap anggota bisa memiliki puluhan ekor reptil baik jenis Ular, Iguana, Tokek, Kura-kura maupun sejenis Biyawak.

"Di usia Marema ke-6 ini jumlah member masih sekitar 30 orang yang aktif dikarenakan banyak yang awalnya di Majalengka namun harus pergi dari Majalengka seperti kuliah atau kerja. Dari jumlah ini walaupun tidak sampai ratusan namun kami solid," kata Julian kepada TINTAHIJAU.com

Julian menjelaskan, banyak alasan seseorang memilih reptil sebagai hewan yang disukainya, selain merupakan lifestyle, kebanyakan pecinta reptil mengaku suka karena pemeliharaan reptil sangat simpel.

Sementara itu salah satu member Marema H. Riza M. Yunus mengatakan alasan kesukaanya pada reptil yang ia sebut sebagai hewan yang tidak berisik." Reptil itu ga berisik, eksotise nya dapat, merupakan hewan pra sejarah juga,  lebih dari itu reptil lebih kepada penampilan dan performa," kata Riza yang juga merupakan Dekan Fakuktas Teknik Universitas Majalengka

Riza yang telah bergabung selama 5 tahun ini sedikitnya memiliki 30 ekor reptil di rumahnya berjenis Iguana. "Iguana yang terkenal biasanya berasal dari Elsavador, Columbia dan Peru. Dan masing-masing kita bisa mendapatkan jenis reptil antar komunitas karena selama ini kita juga mengembang biakan reptil, sehingga biasanya anggota komunitas akan merawat reptilnya sejak masih bayi.

Ditambahkannya, untuk reptil jenis Iguana perawatannya cukup simpel karena makanannya hanya sayur dan buah. "Dari 30 ekor yang ada, cukup 3kilogram sayuran dan buah kebutuhan untuk makan Iguana dalam sehari," pungkas Riza.

Sementara itu dari sekitar 13 anggota yang hadir dua diantaranya adalah yang termuda karena masih di usia pelajar SMA. mereka adalah Rido Emir dan Diki. Rido pelajar MA Darul Ulum ini memiliki reptil jenis Ular, Kadal dan Tokek sementara Diki siswa SMKN 1 Majalengka ini lebih memilih reptil jenis Ular berbisa.

Di usianya ke-6 geliat Marema memang tak segencar di kota-kota besar yang jumlah membernya hingga ratusan. Namun demikian beberapa kegiatan edukasi juga dilakukan member marema seperti memperkenalkan tentang reptil kepada pelajar, bagaimana merawat serta menjinakkan mereka.atau sekedari menggelar kontes mini reptil sebagai ajang silaturahmi antar member reptil di Majalengka. (Echa)


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Kenali Gejala Serangan Jantung Pada Pria dan Wanita https://t.co/dr7Ng4Akiy
Mencicipi Nasi Jamblang Cirebon yang Melegenda https://t.co/mpHqXgmnbe
BIJB Kertajati Jadi Destinasi Wisata Edukasi Kedirgantaraan https://t.co/E3hB3r8CUm
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page