Tanggul Kritis, 1 Kampung di Pantura Terancam Tenggelam



Tanggul yang berada di Blok RT. 4 yang juga berfungsi sebagai jalan penghubung antar Dusun Krajan dan Tegalsari Desa Legonwetan, kondisinya memprihatinkan. Lebih dari setengah lebar tanggul sudah tergerus air laut. Jika dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan ratusan rumah dan areal tambak terendam. "Dulu pernah bobol sekarang kondisinya seperti ini. Dampaknya sekitar 472 rumah akan tenggelam," kata Staf Kasi Kesos Komarudin kepada TINTAHIJAU.com.

Dalam beberapa waktu ini, kata Anggota Satlak PBA Legonkulon, antara pukul 21.00- 04.00 dinihari, rumah di daerah tersebut terendam dengan ketinggian air 60 cm, akibat pasang air laut. Tentu saja kondisi itu membuat warga cemas.

Maklum saja, kualitas tanggul tersebut sifatya sementara. Hanya terbuat dari tumpukan pasir. Kejadian seperti saat inipun tidak terjadi kali ini saja, melainkan sudah beberapa kali. Warga setempat, imbuh Komar, sudah mulai pasrah dengan keadaan yang berulang-ulang terjadi.

"Bingung, kita harus berbuat apa, karena saya yakin kalau tidak ditangani secepatnya dalam beberapa hari kedepa tanggul akan jebol," tegasnya.

Warga mendesak, Pemerintah segera bertindak cepat dengan membuat tanggul darurat. Pihak PBA setempatpun sudah berkomunikasi dengan pihak Dinas Sosial untuk bantuan berupa bambu dan karung. Sayangnya, pihak Dinsos berkilah tidak ada persediaan karung.

Selain meminta batuan perlengkkapan, upaya PBA dengan berjaga-jaga di lokasi untuk memantau jika kemungkina buruk terjadi. "Insya Allah kita akan membuat surat permohonan untuk penanggulangan darurat," pungkasnya. [annas nashrullah | @jejakAnnas]


Twitter Update

Ini Panduan New Normal Bagi PNS yang Mulai Berlaku 29 Mei Besok https://t.co/fxNoasKmrF
Dalam Dua Hari, Dua PDP Meninggal Dunia di RSUD Cideres Majalengka https://t.co/PuiRfrosv5
Beginilah Pihak NASA Melindungi Astronot Saat Pandemi Corona https://t.co/HysOFZsS0q
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter