Tak Dapat BLSM, Janda Tua Miskin ini Gagal Berobat


Bukan kali ini saja Mak Ook tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat. Sebelumnya, pada program BLT atau bantuan langsung tunai, Mak Ook-pun bernasib yang sama. Janda tua yang sudah sakit-sakitan itu, dianggap tidak termasuk warga yang berhak atas bantuan tersebut.

Meskipun sebelumnya tidak menerima BLT, di program BLSM ini Mak Ook mendadak berharap mendapat mendapat "jatah" dana bantuan konvensasi kenaiakn BBM itu.  Harapan Mak Ook cukup realistis, karena saat ini ia sudah sakit-sakitan. Karenanya ia berharap dana itu, jika mendapatkannya, bisa digunakan untuk berobat.

"Untuk makan saya suka dikasih sama saudara dan tetangga. Tadinya mau sekali untuk berobat. Tapi ternyata sampai sekarang saya tidak menerima undangan ke kantor pos," ucap Mak Ook lirih kepada TINTAHIJAU.com, Senin (1/7/2013).

Sehari-harinya, janda yang tinggal di sebuah rumah bilik tersebut, tidak ada aktivitas berarti. Ia hanya diam dalam rumah, karena kondisi kesehatannya tidak menunjang (tidak bisa berjalan). Kesehatannya dari hari ke hari terus menurun. Wajar jika, Mak Ook berharap bisa mendapat BLSM untuk berobat. Apalagi, kartu Jamkesda atau Jamkesmas-pun ia tak punya.

"Saya dari dulu nggak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah, bahkan jamkesmas atau Jamkesdapun saya nggak punya dan sekarang saya nggak kebagian BLSM," imbuhnya.

Mak Ook yang sudah menjanda sekitar sepuluh tahun itu hanya bisa menelan ludah getir melihat orang lain berduyun-duyun ke kantor pos. Sementara, akunya, ia yang seharusnya lebih memiliki hak, tidak terdata. "Saya pasrah saja, tapi saya suka sakit kalau ngeliat tetangga yang punya suami dan rumahnya bagus dapat BLSM," tuturnya dengan suara parau dan mata berkaca-kaca.

BLSM sangat berarti bagi warga miskin seperti Mak Ook, karena sekarang dirinya sedang megalami sakit yang lumayan parah, bahkan untuk melangkah keluar dari rumah dan untuk mandi saja butuh orang untuk memangkunya. "Kalau dapat BLSM, mau saya gunain buat biaya berobat dan mau meski sekali saja makan enak," tuturnya. [Warlan putra | @warlanPutra]

 


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Gelar TFG, Polres Majalengka Antisipasi Kondisi Terburuk Dampak Corona https://t.co/8NSYP6CX7R
Dr. Naek L Tobing Wafat, IDI Pastikan Positif Corona https://t.co/ntwmOUxvl6
Hindari Menaruh Ponsel di Tempat-tempat Ini, Salah satunya Bisa Sebabkan Kanker https://t.co/Cl45rbrH54
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page