Ngobrog, Cara Anak-anak Pagaden Cari Pahala



"Alat yang kami pergunakan untuk ngebabgunin orang sahur itu cuma bedug yang diambil dari mesjid di Kampung kami, yang dipadukan dengan kecrek dan goong. Bedug itu kami tarik menggunakan becak," kata salah seorang remaja, Dodi (14) kepada TINTAHIJAU.com. Minggu (21/7/2013)

Kegiatan membangunkan orang sahur itu dimulai pukul 01:00 WIB, tanpa komando beberapa remaja dan anak-anak langsung berkumpul di mesjid kampung mereka, setelah semuanya berkumpul, dengan kompak mereka semua  menyusun alat perlengkapan obrog diatas becak. Lalu Setelah semuanya lengkap, mereka berkeliling dengan memadukan ketiga alat musik tersebut.

"Kegiatan ini udah turun temurun dari dulu, kita setiap malamnya berkeliling kampung untuk membangunkan masyarakat sekitar untuk makan sahur," ujarnya.

Sekitar pukul 03:00 WIB kegiatan membangunkan obrog selesai, setelah berkeliling membangunkan orang sahur mereka kembali lagi ke tempat semua dan mengembalikan lagi alat-alat perlengkapan obrog yang mereka pinjam ke tempat semula. "Setelah selesai membangunkan orang sahur kami langsung pulang. Kami jugakan mau sahur," ujarnya.

Ketua RT 07/04 kampung Sukarandeg, Kahman (50), sangat menyambut positif aktifitas yang dilakukan anak muda dilingkungannya. Selain mendapat pahala mereka sangat membantu masyarakat untuk bangun saat sahur. "Ya, mereka itu anak muda sisni, saya sangat mendukung kegiatan yang mereka lakukan karena ini kegiatan positif," tuturnya.

Menurutnya, selain di kampung tersebut, kegiatan membangunkan orang sahur itu banyak juga dilakukan para pemuda hampir disemua pelosok desa/kota di Kabupaten Subang. "Obrog sudah menjadi tradisi turun temurun, bahkan obrog jaman sekarang lebih modern. Banyak yang sudah menggunakan alat perlengkapan organ tunggal," tuturnya. [Warlan putra | @warlanPutra]

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TRENDING TOPIC

Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tak Bermaksud Mencurigai, Bupati Subang Minta Waspadai Pemudik dari Zona Merah https://t.co/nKtjd3JKZZ
Hasil Rapid Test, Adik Pelaut di Majalengka Dinyatakan Negatif COVID-19 https://t.co/bGmdA1K2Lj
Lagi Viral! Ucapan HUT Subang Dedi Mulyadi https://t.co/z7Ahr9dCkx
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page