FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Musim Hujan, Petani Subang Percepat Tanam Padi





Salah seorang petani asal Kecamatan Pagaden, Aang Ahsandi (40) mengatakan, bahwa untuk menyelamatkan tanaman umur muda dari puso akibat
musim penghujan yang rawan dengan genangan air hingga membuat sawah banjir, dirinya terpaksa menanam padi lebih awal. "Untuk menghindari musim banjir dan adanya serangan hama akibat tidak serempaknya musim tanam, maka kami menanam padinya harus lebih awal," kata Aang Ahsandi kepada TINTAHIJAU.com, Minggu (1/12/2013).

Menurutnya, selain untuk menghindari hama, menanam lebih awal ternyata bisa mempercepat musim panen. Sampai saat ini hujan yang turun masih berintensitas rendah. Namun, perairan di sawah terbantu dengan datangnya pasokan air dari irigasi. “Mumpung ada pasokan air dari irigasi, kami segera mulai tanam biar cepat panen," tuturnya.

Warsa (45) petani asal Kecamatan Pagaden Barat mengaku dirinya segera melakukan tanam padi untuk mendapatkan hasil panen lebih cepat. “Sesuai anjuran pemerintah, untuk menghindari musim kering pada musim tanam pada tahun depan. Kami memilih segera memulai musim tanam karena hujan sudah mulai turun dan agar cepat mendapatkan hasil panen,” terangnya.

Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Subang, Asep Heryana mengatakan, cuaca yang berubah-ubah, kadang hujan, kadang panas, membuat hama wereng berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, selain percepatan musim tanam, pihanya menghimbau kepada  petani untuk mewaspadai serangan hama. Untuk itu, jika ada indikasi serangan wereng, petani diharapkan cepat tanggap.

"Percepatan tanam justru akan membantu petani. Sebab, serangan hama wereng coklat sudah harus mulai diwaspadai, mengingat musim peralihan membuat hama wereng coklat cepat berkembang biak," tuturnya. [Warlan putra | @warlanPutra]

 



 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jadwal Sholat Fardhu untuk Wilayah Majalengka Pada 23 Oktober 2021 https://t.co/TcVFRJoKHB
Jadwal Sholat Fardhu untuk Wilayah Subang Pada 23 Oktober 2021 https://t.co/q7oFJkFzbo
Jawaban Menohok Wanita Indonesia yang Menikah dengan Pria Asing Saat Netizen Bilang Tak Pantas https://t.co/Wu24Eg5UJO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter