FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Siapa Sangka, Kalau Subang Punya Kampung Kopi Ternikmat?

Bicara kopi tidak ada habisnya, bak rumput tumbuh dimusim penghujan. Kedai kopi banyak kita temukan disetiap daerah, tak terkecuali Kabupaten Subang.

Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki memiliki letak geografis yang strategis. Dimana ada pegunungan, dataran rendah, bahkan memiliki pantai, Kabupaten Subang memiliki segudang potensi ekonomi, baik dari rempah-rempah maupun palawija.

BERITA LAINNYA:

Rekomendasi 10 Tempat Ngopi Asik di Subang Kota

Kenalkan Kopi Subang Lewat Diskusi dan Bermusik

Booming Kopi Khas Subang di Kedai Kopi Jawarana


Kopi, tanaman yang satu itu memiliki segudang manfaat, diantaranya kandungan cafeein dalam biji kopi dapat meningkatkan detak jantung yang memompa aliran darah. Apabila dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebih, secara otomatis aliran darah mengalir dengan lancar, dan juga dapat mengurangi potensi stroke.

Ada beberapa kecamatan di Kabupaten Subang yang menjadi salah satu sentra penghasil kopi, diantaranya yaitu Kecamatan Cisalak, Kecamatan Ciater, Kecamatan Kasomalang, dan Kecamatan Tanjungsiang.

Keempat Kecamatan ini memiliki segudang potensi kopi. Ada beberapa jenis kopi yang bisa tumbuh di tiga kecamatan ini, diantaranya Robusta, Arabika, Liberika, dan Excelsa.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan Kecamatan Kecamatan lain pula memiliki potensi, tetapi ketinggian menjadi faktor yang paling menentukan untuk tumbuh kembangya beberapa jenis kopi.

Contohnya seperti jenis kopi Arabia, jenis kopi ini hanya bisa tumbuh dengan kualitas terbaiknya di ketinggian minimun 900 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Sementara untuk jenis kopi Robusta dan Liberika notabene bisa tumbuh dibawah itu.

Segala potensi ini bisa mendorong kesejahteraan banyak orang terutama warga masyarakat Kabupaten Subang, dengan catatan perlu perhatian penuh dari pemerintah. Baik untuk pegiat kopi yang bergerak di hulu (petani, pengolah pasca panen) maupun yang bergerak di hilir (penyangrai, penyeduh, dan pemilik kedai kopi).

Rokib Putra, Penulis adalah Jurnalis TINTAHIJAU.com


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJ

AUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

437 Rumah Warga Pabuaran Subang Dipasang Stiker Keluarga Prasejahtera https://t.co/zPodepkerI
Menuju Generasi Emas, Pemkab Purwakarta Perkuat Lembaga Forum Anak https://t.co/b9zn3ErdIU
Sempat Zona Biru, Subang Kembali Masuk Zona Kuning https://t.co/U56cK8g1jY
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter