Yang Harus Diperhatikan Bunda Saat Anak Demam



Demam pada anak jadi hal yang kerap membuat orangtua panik. Suhu tubuh yang naik, lebih hangat dari biasanya sebenarnya belum masuk kategori demam. Seorang anak dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius.

Suhu tersebut berdasarkan ukuran suhu di dubur. Biasanya saat diperiksa di area tubuh lain, suhunya akan lebih rendah. Untuk itu penting untuk menyediakan termometer di rumah.

Memantau suhu tubuh anak saat dirasa suhu tubuhnya lebih tinggi dari biasanya memang sangat penting. Jika demam mencapai 40 bahkan 41 derajat celcius, maka harus bersiap-siap ke dokter. Terutama jika anak memiliki riwayat kejang saat demam.

BERITA TERKAIT:

Bangun Kedekatan Ibu dan Anak Dengan Cara Ini
Peneliti Menemukan Adanya Ikatan Kuat Antara Ibu dan Anak Perempuan
10 Hal Yang Hanya Dipahami oleh Ibu Kepada Anak Threenager (3 Tahun)

Apa yang harus dilakukan saat anak demam?

Tindakan memonitor suhu tubuh anak menggunakan termometer adalah suatu keharusan untuk dilakukan setiap beberapa jam. Jangan pernah bergantung dengan rabaan tangan untuk mengukur suhu tubuh, ya, karena ketepatan angka sangat dibutuhkan di sini.

Menurut American Academy of Pediatrics, peningkatan suhu tubuh bukanlah satu-satunya hal yang mengindikasikan keseriusan suatu penyakit. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat anak demam adalah perilaku anak—bila anak masih terlihat ceria, aktif, dan masih mengonsumsi cairan seperti biasa, maka orangtua tidak perlu buru-buru membawanya ke dokter. Terlebih bila anak baru mengalami demam di bawah 24 jam, karena dokter justru akan sulit mengevaluasi jenis penyakit anak dalam kurun waktu yang relatif singkat ini.

Dalam keadaan ini, hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Mengompres kening anak dengan air hangat.
Tindakan ini bermanfaat untuk memberi sinyal pada tubuh untuk menurunkan suhu. Sebaliknya, mengompres kening anak dengan air dingin adalah hal yang harus dihindari.

2. Mengajak anak untuk berendam air hangat.
Sama seperti mengompres air hangat pada kening, tindakan ini juga bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh, serta mencairkan dahak saat anak terkena pilek atau batuk.

3. Memperbanyak asupan cairan pada anak.
Hindari dehidrasi pada anak akibat meningkatnya suhu tubuh dengan mencukupi kebutuhan cairan. Tidak hanya air putih, Anda pun bisa memberinya susu, teh, atau jus buah yang disukai anak.

4. Memakaikan baju yang nyaman pada anak.
Bantu anak untuk melepas suhu tinggi pada tubuhnya dengan memakaikan baju tipis yang bersifat breathable. Hindari memakaikan selimut tebal atau kaos kaki.

5. Memberi paracetamol pereda demam dan sakit.
Ciptakan kenyamanan ekstra pada anak dengan memberinya paracetamol yang aman bagi lambung seperti Panadol Anak. Tersedia dalam dosis yang pas untuk bayi usia 0-1 tahun (drops), 1-6 tahun (syrup), 6 tahun ke atas (suspension), dan 2-12 tahun (tablet), paracetamol keluaran Panadol Anak ini bekerja cepat dan efektif meringankan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam yang menyertai flu dan demam sesudah vaksinasi.

Khusus untuk anak usia di atas 5 tahun, Anda bisa memberinya Panadol Anak 6 tahun ke atas yang berbentuk larutan suspensi, dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak. Paracetamol yang ditawarkan Panadol Anak ini sangat membantu anak saat tubuhnya sedang berjuang melawan infeksi yang ditandai dengan demam.

Namun bila suhu tubuh anak sudah mencapai 39,4°C (dan suhu tubuhnya tidak kunjung reda selama 24 jam) dan anak sudah kehilangan nafsu makan, atau mengalami diare, muntah-muntah, sulit bernapas, kulit kemerahan, kantuk berlebih, dan terasa sakit pada telinganya, segera bawa anak Anda ke dokter. Gejala-gejala ini merupakan tanda bahwa anak memerlukan penanganan ekstra.

Jadi, sudah tidak perlu panik lagi, kan? Dengan informasi yang cukup, serta tetap tenang dan waspada, mengatasi demam pada anak pasti akan terasa lebih mudah.

Sumber Photo dan Berita dari womantalk

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Kenali Gejala Serangan Jantung Pada Pria dan Wanita https://t.co/dr7Ng4Akiy
Mencicipi Nasi Jamblang Cirebon yang Melegenda https://t.co/mpHqXgmnbe
BIJB Kertajati Jadi Destinasi Wisata Edukasi Kedirgantaraan https://t.co/E3hB3r8CUm
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page