Pilih Bantal yang Baik untuk Ibu Hamil



Kesulitan tidur saat hamil sering dialami wanita. Padahal, waktu tidur yang cukup bisa memengaruhi kesehatan si ibu dan janin.

Beberapa ibu hamil ada yang mengeluh sulit tidur karena salah posisi yang akhirnya menyebabkan sakit punggung. Menurut sleep specialist dan founder Little Sleep Stars, Lauren Peacock, banyak hal bisa menjadi penyebab ibu hamil sulit tidur.

BERTA TERKAIT:

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak?
Bangun Kedekatan Ibu dan Anak Dengan Cara Ini

"Perubahan hormon, mual, sering buang air kecil, cemas, dan keterbatasan fisik di setiap tahap kehamilan bisa menjadi penyebab ibu sulit tidur," kata Peacock, dikutip dari Independent.

Beberapa ibu menemukan kalau bantal bisa menjadi solusinya, Bunda. Bantal yang tepat dan khusus untuk ibu hamil bisa membantu mengurangi nyeri fisik saat tidur.

"Penempatan bantal di antara kaki saat tidur miring dipercaya bisa membantu mengurangi sakit punggung. Posisi miring juga disarankan pada ibu hamil karena bisa melancarkan aliran darah ke plasenta," ujarnya.

Banyak jenis bantal ibu hamil dijual di pasaran. Beberapa memiliki bentuk khusus yang dibuat untuk kenyamanan ibu hamil saat tidur.

Dilansir Parenting Firstcry, tidak ada waktu pasti ibu hamil bisa mulai menggunakan bantal khusus. Namun, di sekitar usia kehamilan 20 minggu, saat perut mulai membesar dan menyebabkan sakit di ligamen tubuh, saat ini mungkin waktu tepat Bunda menggunakan bantal hamil.

Lalu apa saja jenis bantal ibu hamil? Berikut pemaparannya:

1. Bantal kehamilan wedge

Bantal ini dikenal juga sebagai bantal bersalin. Bentuknya tidak terlalu besar dan bisa digunakan selama atau setelah hamil.

Penggunaannya dapat diletakkan di bawah perut atau belakang punggung untuk memberikan support yang diperlukan saat tidur tengkurap atau menyamping. Manfaatnya bisa membantu meringankan rasa mulas.

2. Bantal kehamilan panjang

Bantal ini bentuknya panjang dan bisa menyanggah seluruh tubuh. Bantal ini juga bisa menopang perut dan memberikan kenyamanan pada lengan dan kaki.

Meski bentuknya besar, jenis bantal ini tidak bisa memberikan support pada punggung, karena kegunaannya untuk dipeluk. Selain itu, tidak bisa diletakkan di bawah perut atau belakang punggung.

3. Bantal kehamilan besar (total body)

Bantal jenis ini sangat cocok untuk wanita dengan tinggi badan berapa pun, Bun. Sangat ideal juga digunakan selama trimester kedua karena mampu menopang tulang belakang dan mengurangi nyeri pinggul dan punggung.

Ada dua jenis bantal kehamilan besar, yaitu berbentuk 'C' untuk memberi support kepala, perut, kaki, dan punggung. Kemudian, bantal hamil berbentuk 'U' untuk ibu hamil yang suka tidur telentang karena bisa menopang seluruh tubuh, termasuk perut dan punggung.

Wah, boleh Bunda coba ya bantal hamil ini. Bisa jadi membantu mengatasi masalah susah tidur.

Sumber: haiBunda | Foto: iStock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak? https://t.co/8nMFsoYksj
Hindari Ucapkan Kata-kata Ini Saat Kencan Pertama https://t.co/CMCXfVAXSk
Dalam 10 Hari ini, Sudah 29 Orang Daftar Open Bidding Pejabat Subang. Siapa saja mereka? https://t.co/5ld33CZP8N
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page