FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Jika Sedang Hamil

Memasuki trimester ketiga kehamilan, ibu hamil tentunya semakin dekat dengan waktu melahirkan buah hatinya kelak. Di masa ini, biasanya calon ibu membutuhkan tenaga ekstra untuk tetap dapat menyeimbangkan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Bagaimana dengan anjuran dan pantangan makanan di trimester ketiga ini? Ya, Anda masih tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, Moms. Dijelaskan dalam Bidan Kita milik bidan Yesie Aprillia, S.Si, sama halnya dengan trimester sebelumnya pula, ibu hamil juga perlu membatasi atau bahkan menghindari beberapa makanan.

BACA JUGA: Pilih Bantal yang Baik untuk Ibu Hamil

Lebih lanjut, berikut ini 7 makanan yang perlu dihindari:

1. Hati dan Produk Hati

Di trimester ketiga kehamilan ini, Anda perlu menghindari hati maupun produk olahannya, Moms. Sebab, hati memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga berisiko dapat menjadi racun bagi bayi yang masih dalam tahap perkembangan.

2. Pate

Pate merupakan hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging, ikan ayam, atau sayuran yang dicincang halus kemudian diberi bumbu dan dipanggang maupun dikukus. Pate dikhawatirkan mengandung bakteri listeria, sehingga bisa beresiko menjadi racun bagi ibu hamil.

3. Daging, ikan, dan telur mentah atau setengah matang

Makanan yang tidak dimasak matang biasanya mengandung bakteri berbahaya seperti E.coli (escherichia coli) dan listeria. Maka dari itu, masaklah ikan atau daging sampai matang, hingga tidak ada bagian yang warna merah muda atau pink terlihat.

Sementara untuk telur, masaklah hingga kuning telur terlihat padat. Begitu pun jika Anda tengah makan di restoran atau tempat makan, mintalah kepada pelayan untuk memasak makanan sampai matang.

BACA JUGA: Hati-hati Dengan Obesitas dan Kehamilan

4. Beberapa jenis ikan

Hindari ikan yang kemungkinan mengandung merkuri yang tinggi, seperti hiu, ikan todak, dan marlin. Selain itu, batasi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan tuna. Sebaiknya, batasi menjadi maksimal dua kali seminggu.

5. Beberapa produk susu

Hindari keju lembut yang tidak dipasteurisasi dan keju biru (keju yang dimatangkan dengan jamur). Hindari pula konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi karena memungkinkan susu tersebut mengandung bakteri listeria.

6. Kafein

Hal ini untuk menghindari risiko keguguran dan memaksimalkan penyerapan zat besi. Untuk itu, batasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein ya.

7. Alkohol

Sebaiknya Anda menghindari alkohol sejak kehamilan trimester pertama, Moms. Menambahkannya dari laman American Pregnancy, bila Anda konsumsi alkohol berlebihan saat trimester ketiga, maka itu bisa memberi dampak serius pada bayi yang sedang tumbuh kembang dengan cepat.

BACA JUGA: Lakukan 4 hal Ini Selama Kehamilan, Agar ASI Lancar

Sumber: KumparanMom | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ini Syarat untuk Dapat Bantuan Rp600 Ribu bagi Pekerja Gaji di Bawah Rp5 Juta https://t.co/hHNY2EQMoo
Penampakan Menakjubkan, Foto Matahari Terbit dari 'Bagian Bawah' Planet Bumi https://t.co/UJN8PcnZn1
Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Majalengka Tiadakan Panggung Hiburan HUT RI https://t.co/LUC1N6naHt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter