FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jangan Pangku Si Kecil Dalam Kendaraan

Di beberapa negara maju seperti Jerman, pemerintah sudah membuat aturan lalu lintas yang sangat rapi. Salah satunya adalah larangan untuk memangku anak di kursi depan. Artinya orang yang boleh duduk di mobil, khususnya di kursi depan, hanyalah orang-orang yang sudah memiliki tinggi badan yang memadai.

Hal ini bisa kita ketahui dari sabuk pengaman yang tertanam di sisi kanan pengemudi dan sisi kiri penumpang depan. Jika bahu tidak mencapai tinggi pangkal sabuk, maka orang tersebut belum diperbolehkan duduk di depan.

BACA JUGA: 
Awas, Bahaya Toxoplasmosis Mengintai Bayi dan Anak-anak
Awas!, Makanan Ini Bahaya Dikonsumsi Bayi Dibawah 1 Tahun
Kenali Tandanya Jika Bayi Bahagia
Cara Memilih Stroller (Kereta Bayi) Yang Cocok untuk Bayi Kamu


Hanya boleh ada satu penumpang saja yang duduk di depan atau artinya tidak boleh duduk berdua, baik itu berdampingan maupun berpangkuan. Hal ini sudah dipertimbangkan dengan matang oleh para pembuat aturan lalu lintas di negara-negara maju di sana agar ketika terjadi tabrakan, tingkat ancamannya terhadap penumpang lebih rendah.

Di Indonesia, beberapa warga masih menyetir sambil memangku anak kecil atau bayi. Padahal mereka masih membutuhkan fokus perhatian yang tinggi, sehingga jika si bayi duduk dipangku di kursi depan, maka kemungkinannya untuk mengganggu konsentrasi pengemudi pun lebih besar.

Ini berbahaya dalam urusan lalu lintas, karena bukan hanya mobil sendiri yang terancam bahaya kecelakaan, tetapi juga kendaraan dan orang lain yang berada di sekitar mobil. Saking ketatnya peraturan ini, siapapun yang melanggar dapat diancam dengan hukuman denda hingga penjara.

Untuk itu, keselamatan penumpang menjadi satu fokus yang tidak pernah Wuling kesampingkan. Wuling menyediakan fasilitas ISOFIX atau akses penyemat kursi bayi ke kursi baris kedua.

Anda cukup membeli kursi mobil khusus bayi dan yang perlu diperhatikan betul bahan dan pengamanannya, karena kursi bayi ini juga memiliki sabuk sendiri. Yang juga perlu diperhatikan adalah akses penyematnya harus kompatibel dengan fitur ISOFIX yang Wuling tanamkan di kursi baris kedua tersebut.

Namun jangan salah, penyematnya ada di balik celah dudukan dan penyangga punggung pada kursi, jadi jangan langsung tarik benda bulat yang berbentuk seperti kancing itu, ya. Walaupun peraturan lalu lintas kita belum setertib itu dalam menerapkan peraturan kursi bayi ini, tetapi keselamatanmu dan keluarga Anda juga perlu diperhatikan.

Sumber: HaiBunda | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kembangkan Potensi, Forum Ekraf Karawang Resmi Dikukuhkan https://t.co/z3HwVTLRPV
Catat! Ini Jadwal Pemadaman Listrik 26 September 2020 https://t.co/Td45bOq0Af
Bersama Warga, Dedi Mulyadi Bebersih Lingkungan dari Sadang Sampai Subang https://t.co/MBeCDyC3cZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter