FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Peneliti Ungkap Ikatan Batin Antara Ibu dan Anak

 

Ikatan ibu dan anak terjalin sejak anak masih ada dalam kandungan. Tidak ada yang membantah bahwa ikatan ibu dan anak sangatlah istimewa. Bahkan, penelitian ilmiah pun telah membuktikannya.

 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Neuroscience, ikatan ibu dan anak adalah hubungan yang paling kuat antara orangtua dan anaknya, melebihi hubungan ayah dengan anak.

 

BACA JUGA:
Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak?
Bangun Kedekatan Ibu dan Anak Dengan Cara Ini
3 Hal yang Jarang Dilakukan Ayah, Padahal Sangat Berpengaruh Bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyebab gangguan emosional seperti depresi yang sering diturunkan dari ibu ke anak. Ilmuwan melakukan pemindaian MRI pada 35 keluarga dengan riwayat kesehatan bagus.

 

Hasil pemindaian menunjukkan hal menarik, yakni ibu dan anak perempuannya memiliki anatomi yang serupa di bagian otak yang mengatur soal emosi.

 

Peneliti menyatakan, ikatan ibu dan anak perempuan lebih kuat dibandingkan ikatan antara ibu dan anak laki-laki, ayah dengan anak perempuan, maupun ikatan antara ayah dengan anak laki-laki.

 

Artinya, ibu dan anak perempuan cenderung lebih bisa memahami satu sama lain, juga mengaitkan emosi mereka, dibandingkan dengan orang lain.

 

Bagaimana cara otak membentuk ikatan ibu dan anak?

 

Tubuh ibu mengeluarkan hormon dopamin ketika dirinya berinteraksi dengan bayi.

 

Saat bayi baru lahir, tubuh ibu memproduksi hormon dopamin yang menciptakan perasaan bahagia. Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengukur cara kerja otak ibu saat berinteraksi dengan bayinya.

 

Otak ibu dipindai seraya dia melihat foto dan video kenangan ketika merawat bayi. Hasilnya, otak ibu memproduksi lebih banyak dopamin saat melihat foto dan video kenangan tersebut.

 

Para peneliti pun sepakat bahwa dopamin berperan besar dalam menguatkan ikatan ibu dan anak. Hormon kebahagiaan ini memotivasi ibu agar bisa melakukan hal lebih banyak untuk anak, dan ini membuatnya merasa bahagia.

 

Ikatan antara ibu dengan anak semakin diperkuat saat ibu memberikan ASI pada bayi. Hormon oksitoksin yang diproduksi ibu saat menyusui, juga berperan menguatkan hubungan ibu dan anak. Tahun pertama kehidupan anak adalah masa yang penting untuk membangun jalinan dan ikatan yang tak terputus hingga ke akhir hayat.

 

Sumber: The AsianParent | Foto: Ilustrasi/Pexels

 

FOLLOW SOCMED:

FB & IG: TINTAHIJAUcom

IG & YT: TINTAHIJAUcom

 

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

50 Cookies from Subang West Java, Made from Cassava https://t.co/RaBnPIQzRC #prayforsemeru https://t.co/9m8ewLGIUu
Melakukan Olahraga atau Bercinta di Pagi Hari, Ternyata Sama Baiknya https://t.co/3JC0l8cvZB
Dari 660 Positif Covid-19 di Majalengka, Jumlah Pasien Aktif lebih Banyak Ketimbang Pasien Sembuh https://t.co/92NjUw9osS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter