FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Di Usia Berapa Anak Boleh Diajarkan Puasa?



Puasa adalah ibadah wajib yang harus dijalani oleh umat Islam saat bulan Ramadhan. Tak hanya dijalani oleh orang dewasa, puasa juga dilakukan oleh anak-anak.

Tapi, orang tua sering mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa. Kira-kira di usia berapakah anak sudah boleh berpuasa?
Menurut Psikolog Elisa K Dewi, MSi, anak sudah bisa dijelaskan mengenai puasa dan tata caranya sejak mereka berusia empat tahun.

"Anak akan memasuki fase-fase di mana otak mereka akan siap menerima segala informasi dari luar dan siap memahami informasi tersebut. Dan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa adalah saat mereka berusia 4 tahun," ungkap Psikolog Elisa seperti yang kami rangkum dari kumparan.com

BACA JUGA:
Ajarkan Anak Etika Berkomunikasi Menggunakan Smartphone
Ajarkan Anak untuk Selalu Meminta Hanya Kepada Allah
Lagu Ini Bisa Ajarkan Anak Mencintai Alam Sekitar
Ortu Wajib Tahu, Inilah Bahaya Smartphone Bagi Remaja


Pada usia ini, ajarkan anak tentang cara berpuasa yang baik dan benar. Bebaskan anak untuk berpuasa sesuai dengan keinginan jumlah waktu yang mereka inginkan. Meskipun hanya satu sampai dua jam, namun jika hal ini terus dibiasakan maka anak pun nantinya akan terbiasa untuk berpuasa ketika sudah besar.

Jika sejak dini seorang anak sudah diberikan pengetahuan mengenai puasa, maka ketika besar orang tua sudah tidak perlu repot lagi untuk mengajarkan anak berpuasa. Elisa juga mengatakan jika anak dengan sendirinya anak sudah ingin berpuasa, maka tak ada salahnya membiarkannya untuk berpuasa selama bulan Ramadhan.

"Anak yang melihat orang tuanya atau teman-temannya berpuasa pasti akan menimbulkan keinginan mereka untuk ikut berpuasa meskipun mereka masih berusia empat atau lima tahun. Jika sudah ada kemauan maka untuk mengajari anak tentang puasa lebih mudah dibandingkan dengan anak-anak yang sulit untuk diajak berpuasa," tutur wanita yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Bandung.

Semakin beranjak dewasa, anak sudah bisa diajarkan untuk puasa sehari penuh. Umur tujuh tahun adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak puasa sehari penuh.
"Saat anak menginjak usia tujuh tahun, maka anak sudah bisa diajarkan untuk berpuasa full. Di usia ini, anak sudah bisa memahami dengan jelas manfaat puasa dan pahala apa yang didapatkan jika seseorang berpuasa," jelas Elisa.

Anak akan mudah memahami jika puasa adalah hal yang bermanfaat dan bahkan menjadi sebuah kewajiban bagi mereka. Hal ini pun perlu didukung dengan pengetahuan yang diberikan orang tua kepada anak mereka tentang makna puasa.
 
Orang tua perlu memberikan edukasi rohani mengenai puasa untuk membuat anak terstimulasi mengenai kewajiban seorang muslim untuk berpuasa. Namun, orang tua tidak boleh memaksa anak untuk berpuasa karena anak malah akan berpikir kalau puasa adalah hal yang menakutkan.

Elisa juga mengimbau para orang tua agar mampu membujuk anak mereka untuk berpuasa dengan cara-cara yang kreatif. Elisa mengungkapkan jika cara yang tepat untuk merayu anak agar mau berpuasa adalah dengan memberikan pilihan menu berbuka dan sahur kesukaan mereka. Biarkan anak memilih menu kesukaan mereka sendiri agar puasa terasa lebih menyenangkan.

Sumber: Kumparan | Foto: Ilustrasi/Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kisah Sedih Guru SMAN 1 Subang Lama Tak Jumpa Siswanya https://t.co/WP2GU7lPn7 https://t.co/VkDLAydfOu
Tersebar Video Hot Seorang Janda di Tasik https://t.co/OzGXqDeH5P
Satu Pegawainya Terkonfirmasi COvid-19, Dua Dinas di Pemkab Majalengka 'Dilockdown' https://t.co/g3XeWDLBqF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter