FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Psikolog Subang Ungkap Dampak Pandemi Covid-19 untuk Anak



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Kondisi pandemi yang berpengaruh terhadap orang dewasa termasuk orangtua, memiliki imbas pula kepada anak-anak seperti yang disebutkan oleh Psikolog RSUD Subang, Ayuna Haziza M.Psi.

Dikutip dari laman Radio Benpas Ayuna mengatakan walaupun anak kecil tidak terpengaruh secara langsung namun kecemasan orangtua bisa berdampak pada mental emosional anak.

Usia anak-anak di atas lima tahun pun cenderung besar pengaruhnya sebab mereka merupakan usia untuk berteman dan berkelompok dengan teman sebaya. Selain itu, kondisi pandemi saat ini bisa mempengaruhi kepribadian anak tergantung dari orangtua merespon kondisi saat ini.

Ia mengatakan, pengaruh jangka pendek terhadap anak-anak di masa pandemi akan menimbulkan rasa bosan berakibat pada tekanan emosional dan jika tidak segera diatasi akan berakibat pada terganggunya mental anak dan pembentukan karakter yang negatif.

“Tekanan emosional yang ditunjukkan dengan rewel, cepat marah, sering menentang, susah diberitahu, sulit tidur, bahkan tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan kecemasan dan depresi,” ujar Ayuna

Terkait dengan anak-anak yang sulit untuk mengungkapkan perasaan, Ayuna Haziza mengatakan bahwa hal tersebut ditentukan dari kepekaan orang tua terhadap perilaku anak.

“Namakan perasaannya dan biarkan anak mengetahui bahwa orang tua paham akan perasaan mereka.  Misalnya kamu sedih ya karena tidak bisa bermain dengan teman  atau kamu takut ya kalau keluar rumah,” ujarnya

Ayuna melanjutkan bahwa orangtua dalam menjalin komunikasi dengan anak harus mengetahui cara untuk mengatasi perasaan negatifnya.

Ayuna berpesan kepada orangtua untuk tetap tenang. Saat mendampingi anak pun ibu dan ayah sang anak diminta untuk tetap tangguh karena menurutnya orangtua tangguh adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan situasi sulit dan mampu memikirkan langkah langkah nyata untuk melindungi diri dan keluarga.

Terakhir, Ayuna Hazia berpesan kepada anak-anak untuk tetap semangat belajar dan tetap menjadi anak anak yang ceria dan bahagia.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Lakukan satu hal yang menurut Anda tidak bisa Anda lakukan. Gagal melakukanya. Coba lagi!." ~Oprah Winfrey~ https://t.co/CIUhzkeH17
Atlit Subang Sumbang 5 Medali Emas di PON XX Papua, Ini Daftarnya https://t.co/aKmqReoAG7
Dirjen Binapemdes Kemendagari Pantau Pilkades Serentak di Purwakarta https://t.co/3KZ7FCTinO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter