FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Anak Sering Main di Luar Rumah? Ini yang Harus Diperhatikan

Indeks Artikel





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pandemi Covid-19 telah berdampak hampir ke seluruh aspek, termasuk kehidupan sosial anak-anak. Kegiatan anak untuk berinteraksi dan bermain di luar rumah dengan tentu banyak perlu ditahan lebih dulu untuk sekarang ini.

Sebab aktivitas di luar rumah masih dibatasi demi mencegah penularan virus corona Covid-19.

Pada masa ini, peran orang tua sangat diperlukan untuk menjaga anak tetap sehat tapi tak kehilangan batas untuk mengeksplorasi diri dengan berbagai permainan.

Praktisi psikolog anak dan remaja, Alzena Masykouri mengatakan hal paling penting yang mesti diperhatikan para orang tua dalam pola pengasuhan anak di masa pandemi Covid-19 adalah perhatian akan tumbuh kembang sang anak dan kesehatannya secara menyeluruh.

Memang, tumbuh kembang anak yang dibarengi dengan interaksi sosial bersama teman-teman sebayanya sangat diperlukan, tetapi tidak lantas harus abai dengan kesehatannya.

Dia pun menggolongkan, bagi anak di atas usia delapan tahun mungkin bisa diberi kelonggaran untuk beraktivitas dan bermain di luar rumah.

"Namun jika anak yang usianya lebih muda atau dikhawatirkan tidak paham dan tidak patuh prokes, sebaiknya dibatasi dulu aktivitas bermain bersama teman-temannya," kata Azalena saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (13/8).

Dia menegaskan bahwa faktor usia memengaruhi pemberian izin pada anak untuk bermain di luar rumah di masa pandemi ini.

"Pertimbangan orang dewasa atas keamanan dan kesehatan anak menjadi sangat penting sebelum memutuskan boleh bermain di luar rumah bersama teman-temannya atau tidak," katanya.

Azalena pun menyarankan bahwa tetap lebih baik jika anak-anak tetap bermain di rumah meski memang ada faktor kebosanan yang bisa muncul di diri si anak.

"Bosan itu baik juga bagi anak, asal orang dewasanya sabar dan tidak lantas 'menyuap' anak dengan menonton atau bermain gadget tanpa batas," kata dia.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Lakukan satu hal yang menurut Anda tidak bisa Anda lakukan. Gagal melakukanya. Coba lagi!." ~Oprah Winfrey~ https://t.co/CIUhzkeH17
Atlit Subang Sumbang 5 Medali Emas di PON XX Papua, Ini Daftarnya https://t.co/aKmqReoAG7
Dirjen Binapemdes Kemendagari Pantau Pilkades Serentak di Purwakarta https://t.co/3KZ7FCTinO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter