FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Wajib Diketahui Para Orang Tua, Tips Mendidik Anak Cara Rasulullah SAW

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - NABI Muhammad ﷺ merupakan sosok uswatun hasanah (teladan yang baik). Beliau adalah sosok yang pas untuk dijadikan panutan bagi seluruh umat Muslim.

Sebagai seorang muslim, sudah seharunya untuk mengambil pelajaran dari kehidupan Rasulullah ﷺ. Dari segala kepribadian beliau yang patut menjadi teladan.

Termasuk cara atau tips mendidik anak ala rasulullah agar mereka tumbuh menjadi manusia yang berakhlakul karimah (akhlak yang mulia).

erikut merupakan tiga tips mendidik anak ala Rasulullah ﷺ yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua, agar membentuk anak yang berakhlak baik dan berbudi luhur:

1. Tips Mendidik Anak Ala Rasulullah: Mengajarkan Ilmu Tauhid

Tips mendidik anak Ala rasulullah pertama, mengenalkan Allah SWT sejak dini, yaitu dari bayi hingga dewasa.

Mengenalkan ketauhidan, keagungan Allah dan tujuan Allah menciptakan manusia. Kemudian, senantiasa mendidik dan membangun karakter sejak dini.

Seperti membentuk aqidah dan keimanan yang akan menjadi tolak ukur awal sukses dan tidaknya anak-anak kedepanya.

BACA JUGA:
Kenali Mitos-Mitos Seputar Kontrasepsi yang Tidak Boleh Anda Percaya

Allah SWT telah berfirman dalam Alquran:

“Dan ingatlah ketika lukman berkata kepada anaknya, “Wahai anakku! Janganlah engaku mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13)

Seperti, cara Rasulullah ﷺ dalam mendidik buah hatinya ialah dengan memperkenalkan tauhid sedari dini.

Dengan begitu, dalam diri mereka akan tertanam sifat tunduk dan pasrah terhadap Allah ﷺ. Bahkan Nabi ﷺ telah mengajarkan tauhid kepada anak-anaknya sebelum risalah kenabian dating kepadanya.

“Laa Ilaaha Illallah” seperti kalimat ini yang perlu ditanamkan pada diri seorang anak. Hal ini agar anak mengetahui siapa tuhanya, siapa pencipta alam semesta dan dirinya.

Dalam mendidik anak mengajarkan tauhid merupakan hal pertama yang hukumnya wajib.

Sebab dengan adanya pengakuan “Tiada Tuhan selain Allah” seorang anak akan menjadi lebih takwa, dalam menghadapi sebuah masalah hidupnya.

Jika sudah tertanam ketakwaan dalam dirinya, ia akan merasa takut untuk berbuat dosa karena selalu merasakan keberadaan Allah SWT.
Banyak sekali manfaat ketika orang tua mengajarkan ilmu tauhid kepada anaknya dari sejak dini.

Anak akan berani menghadapi kebenaran-kebenaran, dan tidak ada yang perlu ditakuti di dunia ini selain Allah SWT.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cegah Intoleransi dan Radikalisme di Lingkungan Pendidikan, Kemdikbudristek: Diperlukan Dukungan Semua Pihak https://t.co/rCJ1cmegxq
Quote "Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua" ~Cut Nyak Dien~ https://t.co/FraVwT0QIg
Heboh Pernyataan Al Gore 'Indonesia Negara Rapuh', Begini Kata Megawati https://t.co/hA5pRXP4YY
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter