FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Perpusda Ajak Siswa SD Bercerita Legenda Subang



Ada 22 siswa SD/MI yang ikut partisifasi pada kegiatan yang digelar di halaman Perpusda, Jl. Kertawigenda, Subang. Mereka bercerita soal legenda Subang, dari mulai dayang sumbi, tangkuban parahu sampai legenda lutung kasarung.

Dengan mengenakan baju kebaya, anak-anak itu fasih bercerita di depan dewan juri dan warga setempat. Ada yang membawa alat bantuan seperti lukisan pada kertas besar ada juga yang hanya mendongeng.

Kepala Kantor Perpusda Subang Sudrajat menyampaikan lomba bercerita legenda itu salah satuya sebagai sosialiasi guna meningkatkan gemar membaca dan cinta buku kepada anak-anak.

"Mereka bercerita, berbekal dari membaca. Alhamdulillah, minat dan gemar membaca di Subang sudah mulai tumbuh, indikasinya rata-rata yang berkunjung ke Perpusda sekitar 150 orang perharinya," kata Sudrajat kepada TINTAHIJAU.com, Kamis (25/4/2013).

Mereka yang berkunjung, dari siswa TK sampai Perguruan Tinggi dan masyarakat umum. Ada yang suudah menjadi anggota ada juga yang bukan anggota.

Jenis buku yang ada di Perpusda itu dari mulai buku pelajaran, buku cerita ada juga buku yang tidak diajar di bangku kuliah atau sekolah. Meskipun jumlahnya baru 8.035 judul buku, namun, kata Sudrajat, untuk memenuhi kebutuhan referensi mahasiswa sudah cukup memadai.

"Ada 16.071 eksemplar buku atau masing judul sebanyak dua buku di perpusda. Kita akan terus menambah koleksi, untuk belanja buku pertahunnya kita anggarkan Rp90 juta-an," paparnya.

Selain di Perpusda, kehadiran perpustakaan juga sudah menyebar di 176 desa. Itu belum ditambah dengan kehadiran perpustakaan keliling yang mobile. Perpustakaan itu berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi.

Meskipun secara umum ada peningkatan, namun harus jujur diakui Sudrajat, kesadaran buku sebagai butuhan secara personal masih butuh digenjot. Kesadaran gemar membaca itu, menurut analisa Sudrajat, diantaranya faktor lingkungan, lebih menyukai hal-hal material (kongkrit) dan lainnya.

"Ini menjadi PR kita, dan kita sudah siapkan beberapa langkah untuk program itu. Sejauh ini kita terus melakukan sosialisasi ke desa-desa," pungkasnya. [annas nashrullah l @jejakAnnas]


Twitter Update

Terbangkan Pesawat Tanpa Awak, Wabup Subang Terima Brevet dari FASI https://t.co/92WbjsY016
Lanud Suryadarma Kalijati jadi Tuan Rumah Kejurnas Terbang Layang https://t.co/t5K9OckO3U
Menengok Aktivitas Polisi asal Papua di Jatiwangi Majalengka https://t.co/KXTPFPhZHt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page