FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Menyusui

Menyusui memang menimbulkan banyak masalah salah satunya adalah infeksi pada payudara. Puting lecet hingga rasa nyeri kerap terjadi pada ibu menyusui. Untuk mengatasi nyeri payudara saat menyusui, Mama perlu melakukan beberapa langkah berikut ini. Jangan sampai nyeri payudara jadi halangan Mama untuk memberikan ASI eksklusif.

Nyeri payudara saat menyusui dapat berdampak buruk. Mulai dari demam, nyeri otot dan kelelahan. Selain itu, payudara juga akan bengkak, terdapat ruam merah dan sangat sakit. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pembengkakan berkepanjangan, adanya penyumbatan saluran susu, kelebihan pasokat susu dan tekanan pada payudara. Untuk mengatasi kondisi yang sudah parah, Mama perlu memeriksakan diri ke dokter.

Jika nyeri masih dalam batas normal, Mama bisa mencegah masuknya antibiotik ke dalam tubuh. Mama hanya cukup menyiapkan kompres air hangat. Jika sudah mulai merasa nyeri, Mama hanya perlu memberinya air hangat untuk mencegah terjadinya komplikasi payudara. Beberapa ahli juga menyarankan untuk bergantian mengompres payudara dengan air dingin.

Cara lain yang bisa Mama lakukan sendiri di rumah adalah dengan memijat payudara. Tekanan dari luar payudara diperlukan untuk menekan tekanan dari dalam. Mama cukup perlu memijat payudara dari lingkar luar menuju ke arah puting. Memompa payudara dapat membantu juga lo, Mam sebab sebagian Mama mungkin mengalami kelebihan produksi ASI.

Produksi ASI yang berlebihan juga bisa diatasi dengan terus memberikan ASI. Jika nyeri payudara membuat Mama berhenti menyusui, produksi ASI akan terus berjalan. Atasi dengan terus memberinya ASI atau memompanya. Salah satu hal yang penting untuk menimbulkan kenyamanan adalah bra yang tepat untuk menyusui. Ingat bahwa ukuran bra mungkin saja sudah berubah jadi jangan gunakan ukuran yang terlalu kecil.

Mengatasi nyeri payudara saat menyusui sangat membutuhkan peran dari kesehatan Mama sendiri. Jangan kalah dengan keadaaan, justru Mama perlu tetap melewati masa nyeri. Jangan lupa untuk minum yang cukup agar mencegah terjadinya dehidrasi. Kekurangan cairan juga berpengaruh pada produksi ASI dan nyeri payudara. [tribun]

foto: ilustrasi

 

Follow twitter @tintahijaucom l like page FB Berita Tintahijau


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Penggiat Budaya dan Pariwisata Bahas Kemajuan Destinasi dan Budaya Subang https://t.co/aa2WdpFwAr
Tekan Ledakan Penduduk, Pemkab Subang Kampanye Penggunaan Kontrasepsi https://t.co/uv3EwDLj53
Polres Subang Amankan 14 Orang dengan Barang Bukti 245 Gram Narkoba https://t.co/H2Pma6Ukrl
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page