FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Doa Ibu, Di Balik Keberhasilan Tovan Nopian di Cabor MuayThai

TINJAU SUBANG- Menjadi atlit MuayThai tidak pernah terpikir sebelumnya Tovan Nopian. Namun takdir berata lain. Hanya dalam waktu dua tahun, jebolan SMK PGRI Subang itu sukses menyabet tiga medali Emas dan satu perak di tingkat Nasional.

Medali Perak pertama kali diperoleh pada Liga Nasional di Makasar 2015 lalu. Ia gagal mencetak Medali Emas setelah kalah angka dari juara bertahan Cheetah Waesuwan asal Thailand. Medali Emas pertama ia peroleh dalam kejuaraan MMA atau bela diri campuran tingkat Nasional yang digelar di GOR Gotong Royong, Subang. Emas kedua dicetak dari Liga Nasional di Subang 2016.

Untuk medali Emas ketiga, diperoleh Tovan saat tanding di PON XIX. Ia sukses mempertahankan budaya Emas setelah mengalahkan Avan Avriandianata dari NTB. Keberhasilan demi keberhasilan dalam waktu dua tahun itu, aku Tovan, berkat doa sang Ibu. "Selain teknik dan mental, ada andil besar yang membuat saya seperti ini. Doa Ibu yang tidak putus untuk saya setiap kali saya tanding. Sayang, beliau tidak pernah hadir saat saya tanding, kecuali yang di Subang," kata Tovan.

Pria yang tinggal di daerah Cimerta, Kelurahan Pasirkareumbi, Subang itu menyatakan sebelum gabung di MuayThai binaan Evi Silviadi, ia sempat mengikuti karate. Meskipun dua ilmu beladiri itu berbeda, namun bagi Tovan keduanya saling melengkapi.

Bassic Karate ini, pada PON XIX kemarin, diterapkan Tovan. Tendangan Geledeg pemuda kelahiran 1996 itu kerap ia mainkan di atas ring untuk melumpuhkan lawan-lawannya. "(tendangan)Itu dari Karate. Kebetulan ada pelatih yang pertama kali yang menangani saya, dan beliau berpesan untuk memainkan tendangan," katanya.

Hasilnya cukup luar biasa. Tovan sering menang KO atas lawannya berkat tendangan geledegnya. Permainan dan strategi cantik itu, sukses membawa Tovan sebagai Singa Ring dari Subang. Ia berhaset menyabet Medali Emas untuk ketiga kalinya.

Namun keberhasilan itu, tidak membuat Tovan besar kepala. Pasalnya, tahun depan dia direkomendasikan untuk main di Sea Games di Malaysia bersama dua rekan lainnya, Sittijill Halimah dan Rohimatul Aziz. Tovan harus mulai menyiapkan diri menghadapi event di tingkat Asia tersebut. "Beda tingkatan, tentu saja beda kemampuan lawan. Saya harus menyiapkan lebih dalam lagi. Khususnya tekhnik dan mental. Mudah-mudahan bisa membawa harum nama Subang di sana," pungkasnya. [annas nashrullah l @JejakAnnas]

Follow twitter @tintahijaucom | FB: Berita Tintahijau

 


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Terima Penghargaan Sebagai Sahabat Anak dari Kak Seto https://t.co/2C1UWcfQB5
Kasus Covid-19 Bertambah, Subang Turun Level dengan Status Zona Hijau https://t.co/fNwbFlfRjP
Undang Dua Dinas, Bupati Bicara Soal Peluang Pengembangan Industri di Subang https://t.co/qpA3EhoUGq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter