Jangan Abaikan Sakit Gigi Jika Sedang Hamil



Keluhan ibu hamil sangat beragam, Bun. Tak cuma morning sickness, nyeri, atau kelelahan, tapi beberapa ibu hamil juga sering mengeluhkan sakit gigi.

Perawatan kesehatan gigi memang penting dijaga selama hamil. Menurut dokter gigi Aharon Hagai, D.M.D., kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan ibu hamil.

BERITA TERKAIT:

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak?
Kenali Perubahan Tubuh yang Bisa Jadi Indikator Kesehatan Anda

"Kehamilan adalah periode penting dalam kehidupan seorang wanita dan menjaga kesehatan mulut secara langsung, ini berkaitan dengan kesehatan keseluruhan ibu hamil," kata Hagai, dikutip dari Mouth Healthy.

Studi yang dilakukan Hagai tahun 2015 meneliti risiko yang terkait dengan perawatan gigi dengan anestesi selama kehamilan. Hasilnya, tidak ditemukan risiko yang membahayakan.

Melansir Healthline, penyebab sakit gigi selama hamil bisa karena kenaikan hormon estrogen dan progesteron. Penumpukan plak di gigi menjadi akar penyebab gusi berdarah dan peradangan.

Kondisi ini dikenal sebagai gingivitis kehamilan. Ini memengaruhi hingga 75 persen ibu hamil, Bun.

Tergantung tingkat keparahan pada gingivitis kehamilan, ibu hamil mungkin bisa terkena penyakit periodontal. Ini adalah infeksi gusi serius yang menghancurkan tulang penopang gigi hingga akhirnya gigi copot.

Beberapa wanita juga mengalami tumor kehamilan yang disebabkan terlalu banyak plak di gigi. Namun, jangan khawatir, meski terdengar menakutkan, pertumbuhannya tidak berbahaya pada gusi.

Tentu saja, tumor ini bisa menyebabkan nyeri yang menyulitkan ibu untuk makan atau minum. Tapi, tumor biasanya menghilang setelah melahirkan.

Selama hamil, sebaiknya Bunda mengurangi makanan camilan manis atau tinggi karbohidrat. Terlalu sering makan, gigi bisa rusak, dan berlubang.

Lalu, saat mengalami morning sickness, jangan langsung sikat gigi tapi berkumur ya. Paling tidak tunggu satu jam untuk sikat gigi.

Jika Bunda mengalami sakit gigi yang tidak kunjung sembuh selama hamil, bisa langsung konsultasi ke dokter gigi. Perawatan gigi dengan x-ray masih dianggap aman, meski begitu beberapa dokter menyarankan penundaan pengobatan paling tidak sampai trimester dua.

Selain itu, Bunda juga harus rajin membersihkan gigi, karena bisa mengobati radang gusi selama hamil. Dokter gigi menyarankan agar ibu hamil lebih sering lagi melakukan perawatan dan membersihkan gigi, misalnya, 3 bulan sekali.

Sumber: haibunda | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Pengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak? https://t.co/8nMFsoYksj
Hindari Ucapkan Kata-kata Ini Saat Kencan Pertama https://t.co/CMCXfVAXSk
Dalam 10 Hari ini, Sudah 29 Orang Daftar Open Bidding Pejabat Subang. Siapa saja mereka? https://t.co/5ld33CZP8N
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page