FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Makan Ini Bagus untuk Paru-paru, Perokok Wajib Tahu


Budaya merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan. Namun banyak orang yang belum sadar tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan dan menjauhi rokok. Jika begini para perokok setidaknya harus memulai tindakan pencegahan penyakit dengan hal-hal sederhana.

Misalnya dengan rajin mengonsumsi 7 makanan yang bagus untuk kesehatan paru-paru berikut ini.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

1. Apel

Di dalam buah apel terdapat zat-zat bergizi di antaranya seperti, antioksidan, fitokimia yang terdiri dari katekin, phlorizin dan asam klorogenik yang bisa mengurangi penyakit kanker paru-paru, risiko asma dan penyakit kardiovaskular lain.

2. Ikan berlemak tinggi

Ikan makarel, tuna, salmon dan jenis ikan lain yang berkadar lemak tinggi merupakan makanan kaya asam lemak omega 3. Asam lemak ini seperti paket komplit yang siap menjadi antikanker, antiinflamasi dan antioksidan yang ampuh jaga kesehatan paru-paru.

3. Brokoli

Dari sekian banyak kandungan gizi yang ada dalam brokoli terdapat satu zat yang khusus ditujukan kepada kesehatan paru-paru, ialah sulforaphane. Zat sulforaphane merupakan zat antikanker yang dapat mencegah terjadinya kanker paru-paru, payudara dan lambung.

BACA JUGA: Perawatan Kesehatan Dengan Arang Kini Jadi Tren, Apa Manfaatnya?

4. Alpukat

Sederet nutrisi baik dalam alpukat mampu menangkal gangguan kesehatan paru-paru hingga peradangan sendiri. Buah yang memiliki tekstur lembut ini menyimpan vitamin E, vitamin B6, vitamin K, riboflavin sampai asam pantotenat dan juga asam lemak tak jenuh ganda yang aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet.

5. Paprika

Para perokok berpotensi besar terkena kanker paru-paru karena paparan racun kimia yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu paprika menjadi alasan kuat agar rajin dikonsumsi. Dalam paprika tersimpan beta karoten, vitamin C, dan lycopene yang bekerja sebagai penetralisir radikal oksigen bebas.

6. Bayam

Kandungan phytochemical dalam bayam merupakan senjata pamungkas dari sayuran ini dalam melawan kanker dan peradangan serta mencegah kerusakan oksidatif. Bayam juga punya vitamin dan mineral yang tinggi sehingga dapat membentengi sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Jarang Bercinta Ternyata Pengaruhi Kesehatan Pasutri

7. Bawang putih

Bukan hanya bayam yang punya zat senjata pamungkas dalam kandungan gizinya tetapi bawang putih juga memiliki hal yang sama, zat tersebut diberi nama Allicin. Ini mengandung sifat antimikroba, antikanker dan penurun tekanan darah. Konsumsi rutin bawang putih dapat membantu pembersihan paru-paru.

Menjaga kesehatan organ fital dalam tubuh itu sangat penting sebab perannya juga penting bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas tadi artinya kamu sudah menjaga kesehatan tubuh khususnya bagian organ paru-paru kalian. Yuk, mulai hidup sehat demi masa depan yang sejahtera!

Sumber: IDNTimes | Foto: unsplash.com/@kellysikkema

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Atlit Karate Tradisional Majalengka Borong 7 Medali di Ajang Czech Open Karate Cup https://t.co/Y0Z1fUugwP
Disduk Capil Subang Fasilitasi Penggantian KTP dan KK Korban Banjir Pantura https://t.co/CFPU52IZws
Gelar Pilkades Serentak, Pemkab Majalengka Siapkan Rp9,8 Miliar https://t.co/hyi1cGkJ7U
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter