FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bunda Sering Pipis, Bisa Jadi Itu Ciri Awal Kehamilan


Moms, mungkin Anda sudah tahu kalau ada banyak sekali ciri dari seseorang positif hamil. Mulai dari terlambat datang bulan, mengalami morning sickness, mudah lelah, hingga sering buang air kecil (BAK) atau pipis.

Ya, salah satu ciri awal kehamilan adalah sering BAK, Moms. Dan lebih sering terjadi di malam hari. Menurut laman The Bump, tanda hamil satu ini biasanya terjadi sekitar 2 sampai 3 minggu setelah pembuahan. Lantas apa penyebabnya?

Dikutip dari What to Expect, keinginan BAK disebabkan karena adanya produksi human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan. Produksi hCG tersebut meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan ginjal. Karena adanya aliran darah tambahan ini maka menyebabkan produksi urin meningkat hingga 25 persen, alhasil Anda ingin terus pergi ke toilet.

Tapi jangan khawatir, meski hormon hCG naik hal ini pertanda baik. Itu artinya ginjal Anda bekerja sebagaimana mestinya untuk membuang limbah.

BACA JUGA:
Ingin Cepat hamil?, Coba 3 Posisi Bercinta Ini
Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Jika Sedang Hamil
Pilih Bantal yang Baik untuk Ibu Hamil
Benarkah Bercinta Saat Menstruasi Tidak Bikin Hamil?
Jangan Abaikan Sakit Gigi Jika Sedang Hamil

Biasanya keinginan untuk BAK dimulai pada trimester pertama sekitar minggu ke 4. Hasrat untuk BAK cenderung berkurang selama trimester kedua. Namun kembali melonjak di akhir masa kehamilan atau sekitar minggu ke 35 karena kantong kemih terdorong oleh janin yang semakin membesar.

Meskipun kerap kali ibu hamil merasa lelah karena harus bolak-balik ke kamar kecil, sebaiknya jangan kurangi kebutuhan asupan cairan tubuh. Karena tubuh tetap perlu air, maka setidaknya minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari.

Selain itu, air putih juga dapat membantu perkembangan janin dengan mengantarkan nutrisi yang dia butuhkan. Cairan itu juga dapat melancarkan sistem pencernaan, menghidrasi tubuh ibu hamil, dan melembapkan kulit.

Tapi bagaimana bila ibu hamil minum selain air putih? Pastikan Anda tetap minum air putih pada jumlah yang disarankan, lalu tak masalah bila ingin juga minum minuman sehat lainnya. Seperti susu, yogurt, smoothies dan air kelapa misalnya.

Untuk mengatasi keinginan BAK di malam hari, kurangilah minum air terlalu banyak menjelang tidur. Sebagai gantinya perbanyak minum air di pagi dan siang hari.

Sumber: Kumparan | Foto: hermaion / pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Terima Penghargaan Sebagai Sahabat Anak dari Kak Seto https://t.co/2C1UWcfQB5
Kasus Covid-19 Bertambah, Subang Turun Level dengan Status Zona Hijau https://t.co/fNwbFlfRjP
Undang Dua Dinas, Bupati Bicara Soal Peluang Pengembangan Industri di Subang https://t.co/qpA3EhoUGq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter