FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jaga Kesehatan Paru-paru Dengan Cara Ini



Seluruh organ dalam tubuh kita harus dirawat dengan baik dan benar. Jika tidak, penyakit berbahaya akan mengintai kesehatan kamu. Salah satu organ vital yang perlu kamu perhatikan adalah paru-paru.

Paru-paru memiliki fungsi menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Dengan begitu, terganggunya kerja paru-paru dapat memengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan. Namun, kamu nggak perlu khawatir, ada tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Apa saja?

BACA JUGA: Terapi Jantung dan Usus Kecil dengan Shalat Dzhuhur

1. Berhenti merokok

Seperti yang kita tahu, bahwa rokok merupakan salah satu penyebab kanker paru-paru. Hal tersebut dapat terjadi karena dalam asap rokok mengandung 400 senyawa kimia berbahaya dan lebih dari 50 senyawa berbahanya tersebut dapat menyebabkan kanker yang mematikan. Maka dari itu hindari kebiasaan merokok ya.

2. Memperbanyak minum air mineral

Tidak hanya baik untuk kesehatan ginjal, konsumsi air mineral juga baik untuk paru-paru kamu. Air mineral dapat melarutkan zat-zat beracun yang ada dalam tubuh, khsusunya paru-paru. Proses pembuangan zat beracun nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan urine saat buang air kecil. Untuk itu, jangan lupa penuhi kebutuhan air mineral kamu sebanyak delapan gelas atau dua liter ya.

BACA JUGA: Teknik Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah rutin mengonsumi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan memiliki fungsi untuk dapat menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Sehingga, bagus untuk kesehatan seluruh organ dalam tubuh. Makanan tersebut diantaranya adalah: Sayuran hijau, kacang-kacangan, dan aneka buah.

4. Rutin melakukan olahraga

Rutin melakukan olahraga mampu meningkatkan kesehatan fisik serta mental kamu. Dan tentu saja dapat melatih pernapasan. Selain itu,  berolahraga dapat membuat paru-paru menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga secara teratur. Jadi sesibuk apapun kamu, tetap sempatkan olahraga ya!

BACA JUGA: Minuman yang Disarankan untuk Anda yang Jantungan

5. Menghidari polusi udara

Agar paru-paru tetap sehat, kamu harus menghindari menghirup udara yang berpolusi seperti asap rokok atau asap kendaraan. Hal tersebut perlu kamu perhatikan karena asap berbahaya ini tidak baik untuk pernafasan dan juga kesehatan paru-paru. Jika terpaksa, kamu harus gunakan alat pelindung diri seperti masker.

6. Konsisten mencuci tangan

Pasti kamu bingung, apa hubungannya mencuci tangan dengan kesehatan paru-paru. Dan ternyata, berbagai macam gangguan paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, seperti flu dan pilek. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu memastikan tangan tetap bersih dari bakteri dan kuman.

7. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Jangan takut untuk rutin memeriksakan kesehatan secara rutin. Dengan hal ini, kamu dapat mengetahui kesehatan seluruh organ tubuh secara berkala. Dan, jika ada gangguan, kamu dapat segera menemui dokter dan menjalani pengobatan sebelum penyakit tersebut menjadi lebih parah. Lebih cepat lebih baik, kan?

BACA JUGA: Jangan Menahan Kencing Malam, Karena Berbahaya untuk Jantung

Dan itu dia tujuh cara agar kamu memiliki paru-paru yang sehat. Jangan lupa untuk terus menerapkan hidup seimbang dan tetap berpikir positif ya!

Sumber: Popbela | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


Twitter Update

Kompetisi Liga 1 Bakal Dilanjutkan Bulan September, Ini Alasannya https://t.co/7iq26zfvc8
Polres Majalengka Bekuk 5 Pelaku Curamor, 1 Orang Diantaranya Ditembak https://t.co/lrskj3cqQD
Tak Lagi PSBB, Toko di Subang Kota Boleh Buka, Tapi... https://t.co/q2rgJtDMmF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter