FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

     

     

     

Kenali Penyebab Tangan Sering Kesemutan, Bisa Jadi Kesehatan Anda Terganggu

Tangan kesemutan memang terlihat sepele, karena kondisinya tak menandakan masalah kesehatan tertentu. Namun, lain halnya dengan tangan sering kesemutan. Ternyata ada penyebab tangan sering kesemutan yang tak boleh disepelekan.

Tangan sering kesemutan bisa menandakan gangguan kesehatan tertentu pada tubuh. Selain penyakit yang merusak saraf, ada penyebab tangan sering kesemutan lainnya yang diakibatkan oleh cedera atau efek sampping pengobatan tertentu.

Tangan sering kesemutan merupakan salah satu gejala yang kerap dirasakan oleh seseorang dengan masalah kesehatan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab tangan sering kesemutan guna mengetahui proses penyembuhannya.

BACA JUGA:
Waspada!, Ada Flu Babi Jenis Baru dari China yang Berpotensi Jadi Pandemi
Hei Ladies, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Miliki Payudara Besar
Ini Cara Menjaga Kesehatan 'Mr. P' Agar Semakin Bergairah Saat Bercinta
Awas, Menurunkan Masker di Area Dagu Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
5 Makanan Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Mr. P

Pada dunia medis, tangan sering kesemutan yang terjadi secara berkelanjutan disebut dengan paresthesia jari. Kondisi ini didasari oleh gangguan saraf atau pembuluh darah di bagian tubuh tertentu.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyebab tangan sering kesemutan yang tak boleh dianggap sepele, Selasa (5/11/2019).

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Kekurangan Vitamin

Jika tubuh kamu kekurangan vitamin, maka salah satu tanda yang bisa dikenali adalah tangan sering kesemutan. Vitamin B merupakan vitamin yang berperan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh.

Oleh karena itu, apabila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah tangan kesemutan.

Apabila yang terjadi pada kedua tangan alias bukan salah satu di antaranya, maka penyebab tangan sering kesemutan ini disebabkan oleh kekurangan vitamn B12. Selain membuat kamu menjadi sering kesemutan, kekurangan vitamin B12 juga bisa membuat kamu menjadi lesu, lelah, dan anemia.

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh yang mengalami kekurangan vitamin B12, Anda dapat mengonsumsi makanan seperti daging, telur dan susu. Selain itu, Anda juga dapat memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin neurotropik.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Penyebab tangan sering kesemutan selanjutnya adalah carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh terjepitnya saraf pergelangan tangan, akibat terlalu lama menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama.

Kondisi ini menyebabkan tangan mengalami kesemutan, nyeri, maupun mati rasa atau kebas. Tanda lain CTS ini seperti tangan kesemutan (terutama pada malam hari), pergelangan tangan sakit, lemah atau tidak ada kekuatan saat menggenggam barang, atau gangguan koordinasi tangan.

Kondisi bisa terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus. Orang yang berisiko mengalami kondisi ini adalah mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan seperti mengetik, menulis, atau mengepak barang.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa memberikan obat anti-peradangan, fisioterapi, hingga tindakan pembedahan.

Penyebab Tangan Sering Kesemutan Lainnya

Kerusakan Saraf

Tangan sering kesemutan juga bisa diakibatkan oleh kerusakan saraf. Penyebab kerusakan saraf pada tangan biasanya terjadi akibat infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan.

Pada kondisi kesemutan dalam jangka panjang bisa juga disebabkan oleh penyakit yang menyebabkan kerusakan sistem saraf yang tidak hanya berada di tangan. Karena rusaknya pada sistem saraf, maka pada area saraf tersebut bisa mengalami kesemutan.

Penyakit yang memiliki potensi tangan sering kesemutan adalah stroke, multiple sclerosis, dan tumor otak. Kondisinya memang cukup serius, namun kasusnya masih jarang terjadi dan biasanya gejalanya bukan hanya kesemutan saja.

Rheumatoid arthritis

Penyebab tangan sering kesemutan lainnya adalah Rheumatoid arthritis. Sensasi tangan kesemutan ini biasanya semakin mengganggu terutama saat malam hari.

Selain tangan sering kesemutan, gejala lain yang timbul dari Rheumatoid arthritis di tangan adalah sendi tangan dan jari-jari yang terasa hangat, bentuk sendi tampak cacat, serta nyeri atau kekakuan saat bangun tidur yang berlangsung lebih dari satu jam.

Diabetes

Diabetes menjadi penyebab tangan sering kesemutan. Hal ini dikarenakan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes menjadi toksin bagi saraf dan dapat menyebabkan kamu mengalami kesemutan di tangan bahkan kaki.

Selain tangan sering kesemutan, penderita diabetes biasanya juga akan mengalami gejala lain seperti kram dan kebas.

Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Tangan Kesemutan

Selain masalah kesehatan yang menjadi penyebab tangan sering kesemutan, ada juga faktor lainnya yang bisa membuat tangan kamu kesemutan. Ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat tangan kesemutan.

Tangan kesemutan memang bisa muncul kapan saja. Biasanya kesemutan muncul akibat adanya gangguan pada saraf akibat kebiasaan tertentu.

Sering Melakukan Gerakan yang Berulang

Melakukan gerakan secara berulang terlalu sering bisa mengakibatkan tangan kesemutan. Menulis, mengetik, memotong, mengangkat barang, naik motor, maupun gerakan lainnya yang dilakukan tangan secara berulang dalam waktu lama bisa memicu tangan kesemutan.

Untuk meringankan gejalanya, kamu bisa mengonsumsi obat yang mengandung ibuprofen serta vitamin B1, B6, dan B12 untuk memelihara kesehatan saraf otot. Sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat.

Sering Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Konsumsi alkohol dan merokok dikenal mampu mendatangkan berbagai masalah kesehatan. Alkohol yang dikonsumsi terlalu sering dapat mengganggu saraf otonom yang mengatur fungsi tubuh.

Sedangkan rokok dapat mengganggu sirkulasi darah yang kaya oksigen ke tulang dan jaringan. Ketika kamu suka mengonsumsi keduanya, maka bukan hanya menimbulkan sensasi kesemutan saja, melainkan juga nyeri pada tubuh.

Tubuh Kurang Asupan Nutrisi

Tubuh kekurangan vitamin dan mineral juga menjadi penyebab tangan sering kesemutan. Salah satu kondisi yang menyebabkan munculnya gejala kesemutan pada tubuh adalah kekurangan vitamin B12.

Vitamin ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf, produksi sel darah merah, serta DNA. Biasanya, kondisi ini terjadi pada lansia, orang dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, orang yang menjalani diet vegan ketat, atau memiliki gangguan makan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, kamu bisa mengonsumsi ikan, telur, daging merah, produk susu, sayur, dan buah.

Kapan Harus Mendapatkan Perhatian Medis?

Penyebab tangan sering kesemutan yang hanya terjadi pada beberapa waktu memang bisa diatasi dalam beberapa menit saja. Namun, lain halnya dengan tangan sering kesemutan. Jika tangan sering kesemutan, kamu tak boleh menganggapnya sepele.

Kamu perlu ke dokter jika terlalu sering mengalami kesemutan dengan gejala lainnya seperti pusing, kejang otot, dan ruam. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan masalah kesehatan yang cukup serius. Segera konsultasikan ke dokter gejala yang kamu rasakan tersebut.

Sumber: Liputan6.com | Foto: Ilustrasi/Shuttershock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pemkab Purwakarta Bantu Kepulangan TKW yang Mendapatkan Kekerasan di Arab https://t.co/MZKCID7bcP
Inilah Do'a Agar Terindar dari Marabahaya https://t.co/kpz639W9wx
Update Covid-19 Karawang, Tambah 3 Orang, 1 Meninggal di Purworejo https://t.co/Zf5uMdNo8s
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter