FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Catat!, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Miliki Kandungan Gula Tinggi



Makanan yang mengandung gula berlebih membahayakan kesehatan jika sering dikonsumsi. Makanan dan minuman ini ternyata tinggi gula. Apa saja?

Tak selalu sehat, ada beberapa makanan dan minuman yang nyatanya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seperti tinggi lemak, tinggi karbohidrat, terlalu asin, hingga kebanyakan gula.

Beberapa makanan yang kandungan gulanya tinggi adalah minuman bersoda, aneka dessert, hingga ragam minuman kekinian. Makanan dan minuman itu memang sudah banyak diketahui memiliki kandungan gula berlebih, tapi masih banyak saja orang yang menyukainya.

Selain itu, ada juga beberapa makanan dan minuman yang tak disadari tinggi gula. Dilansir dari Health Line, ada sekitar 7 makanan dan minuman yang ternyata punya kandungan gula berlebih. Seperti yogurt rendah lemak, granola, saus BBQ, dan lainnya.

BACA JUGA:
Kenali Penyebab Tangan Sering Kesemutan, Bisa Jadi Kesehatan Anda Terganggu
Waspada!, Ada Flu Babi Jenis Baru dari China yang Berpotensi Jadi Pandemi
Hei Ladies, Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Miliki Payudara Besar
Ini Cara Menjaga Kesehatan 'Mr. P' Agar Semakin Bergairah Saat Bercinta

Berikut 7 makanan dan minuman yang ternyata tinggi gula:

1. Yogurt Rendah Lemak

Yogurt yang baik dikonsumsi sebenarnya adalah greek yogurt yang rasanya plain. Ada banyak jenis yogurt bahkan ada yang memiliki rasa, namun ternyata yogurt tersebut tinggi gula. Yogurt rendah lemak yang katanya juga baik untuk diet ternyata kandungan gulanya sangat tinggi.

Dalam 1 cup kecil (245 gram) yogurt rendah lemak memiliki kandungan gula sebanyak 45 gram. Kandungan gula tersebut setara dengan takaran 11 sendok teh. Walaupun rendah lemak tapi tinggi gula sama saja sia-sia saat mengonsumsinya.

2. Saus BBQ

BBQ memang hidangan panggang nikmat. Biasanya berupa aneka daging, seafood, sayuran, atau olahan daging seperti sosis. Untuk membuatnya butuh saus BBQ yang rasanya asam manis.

Terlihat tidak punya banyak kandungan gula berlebih, tapi nyatanya saus BBQ salah satu makanan yang tinggi gula. Dalam takaran 2 sdt (28 gram) saus BBQ saja mengandung sebanyak 9 gram gula.

3. Saus Tomat

Sama halnya dengan saus BBQ, saus tomat juga bisa dinikmati dengan aneka makanan. Enak dinikmati sebagai cocolan sosis, kentang goreng, atau jadi bumbu untuk pasta. Selain rasa asam, saus tomat rasanya juga manis.

Tak pernah ada yang menyadarinya, tapi saus tomat punya kandungan yang berlebih. Setidaknya dalam 1 sdt saus tomat terdapat kandungan gula sebanyak 1 sdt gula.

4. Jus Buah

Jus buah kerap dipandang sebagai minuman sehat. Apalagi jus ini terbuat dari buah segar yang kaya akan vitamin, mineral, serta serat yang baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh.

Tapi kalau ingin mengonsumsi jus buah sebaiknya jangan memilih yang instan atau dalam kemasan kardus. Karena sudah dipastikan punya kandungan gula yang berlebih.

Bahkan kandungan gulanya bisa disejajarkan dengan minuman bersoda. Jadi, ada baiknya jika mengonsumsi buah segar secara langsung saja atau membuat sendiri jus buah.

5. Susu Cokelat

Susu memang minuman sehat yang baik untuk kesehatan tulang. Di dalamnya terdapat kandungan kalsium serta protein yang tinggi. Tapi jika ingin tetap bisa merasakan khasiat susu, sebaiknya mengonsumsi susu murni saja.

Jangan pilih susu dengan aneka rasa, seperti cokelat. Karena sudah dipastikan minuman satu ini punya kandungan gula yang berlebih. Dalam 230 ml susu cokelat disebutkan memiliki 11,4 gram gula.

6. Granola

Granola merupakan makanan yang terdiri dari campuran oat, kacang-kacangan hingga buah kering. Untuk menikmatinya biasanya ditambahkan madu atau pemanis lainnya.

Kerap dikatakan sebagai camilan sehat, ternyata granola tanpa disadari mengandung gula yang berlebih. Dalam 100 gram granola saja mengandung sekitar 400-500 kalori, dan kandungan gulanya sekitar 5-7 sdt gula.

7. Kopi Aneka Rasa

Satu lagi minuman yang tanpa disadari punya kandungan gula yang berlebih, yaitu kopi aneka rasa. Jika mengonsumsi kopi hitam (murni) tentunya punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Namun jika sudah dicampurkan seperti gula, susu, hingga krim kocok, pastinya kopi tak lagi sehat. Satu gelas ukuran besar yang berisikan kopi aneka rasa disebutkan mengandung gula sebanyak 45 gram atau setara dengan 11 sdt gula.

Sumber: detikFood | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ini Syarat untuk Dapat Bantuan Rp600 Ribu bagi Pekerja Gaji di Bawah Rp5 Juta https://t.co/hHNY2EQMoo
Penampakan Menakjubkan, Foto Matahari Terbit dari 'Bagian Bawah' Planet Bumi https://t.co/UJN8PcnZn1
Tekan Laju Penyebaran Covid-19, Majalengka Tiadakan Panggung Hiburan HUT RI https://t.co/LUC1N6naHt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter