FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

WHO Sebut Penularan Covid-19 Bisa Lewat Udara

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bukti baru bahwa virus corona menyebar lebih luas di udara, daripada yang disampaikan sebelumnya selama ini.

“Kemungkinan penularan melalui udara di situasi publik, terutama dalam kondisi yang sangat spesifik, ramai, tertutup, berventilasi buruk, seperti yang telah dijelaskan, tidak bisa lagi dikesampingkan,” kata  Dr. Benedetta Allegranzi, pimpinan teknis WHO untuk pencegahan dan pengendalian infeksi, Selasa (7/7/2020), dikutip dari The Guardian.

Dr. Benedetta Alleganzi, mengatakan bahwa badan tersebut telah membahas dan bekerja sama dengan banyak ilmuwan yang menandatangani surat, yang mengklaim bahwa WHO tidak berterus terang tentang penularan melalui udara.

“Kami mengakui bahwa ada bukti yang muncul di bidang ini, seperti di semua bidang lain tentang virus dan pandemi Covid-19, dan oleh karena itu, kami percaya bahwa kami harus terbuka terhadap bukti ini dan memahami implikasinya mengenai cara penularan, dan juga mengenai tindakan pencegahan yang perlu diambil,” kata Alleganzi.

Selama berbulan-bulan, WHO bersikeras bahwa Covid-19 ditularkan melalui tetesan (droplet) yang dikeluarkan ketika orang batuk atau bersin. Tetesan tidak melekat di udara, tetapi jatuh ke permukaan, itu sebabnya mencuci tangan telah diidentifikasi sebagai langkah pencegahan utama.

Tetapi, 239 ilmuwan dari 32 negara tidak setuju. Mereka mengatakan ada juga bukti kuat yang menunjukkan bahwa virus itu juga dapat menyebar di udara, melalui partikel-partikel kecil yang mengapung berjam-jam setelah orang berbicara, atau bernapas.

Pada 7 Juli, WHO mengakui ada bukti yang menunjukkan bahwa ini mungkin terjadi di kondisi tertentu, seperti ruang tertutup dan ramai.

Bukti itu harus dievaluasi secara menyeluruh, tetapi jika dikonfirmasi, saran tentang bagaimana mencegah penyebaran virus mungkin harus berubah, dan dapat menyebabkan penggunaan masker yang lebih luas, dan jarak yang lebih ketat, terutama di bar, restoran, dan pada transportasi umum.

Penyebaran penyakit lewat udara, bisa terjadi jauh lebih cepat dibandingkan dengan penyebaran lewat droplet. Sebab apabila suatu virus bisa bertahan lama di udara, maka Anda bisa tertular hanya dengan bernapas.

Penyakit ini juga lebih sulit dicegah dibanding dengan yang menyebar hanya lewat droplet. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penularannya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 apabila penyakit ini bisa menyebar lewat udara.

• Perbaiki sirkulasi udara di rumah
Sirkulasi udara yang baik adalah kunci untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa menular lewat udara. Ruangan-ruangan tertutup seperti rumah sakit, kantor, restoran, dan tempat lainnya harus benar-benar memperhatikan pergantian udara di dalam, agar virus tidak bertahan lama di dalam ruangan.

Namun, tentu hal tersebut tidak bisa dilakukan secara individual. Dalam skala paling sederhana, Anda bisa memulainya dari rumah sendiri. Sering-seringlah membuka jendela agar udara segar bisa masuk menggantikan udara yang ada di dalam rumah.

• Selalu pakai masker
Saat berada di luar ruangan atau harus bertemu dengan orang lain yang tidak satu rumah, pakailah masker. Masker bisa menyaring udara yang Anda hirup, sehingga menurunkan risiko masuknya virus ke tubuh.

• Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan adalah langkah penting untuk mencegah penularan berbagai virus, baik yang menular lewat udara maupun tidak. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi risiko tertular Covid-19:

    Selalu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik, terutama setelah bersin dan batuk.
    Tutup mulut saat bersin atau batuk.
    Jangan menyentuh wajah jika belum cuci tangan.
    Terapkan physical distancing atau jaga jarak dengan orang lain.
    Saat sedang sakit, jangan keluar rumah.

Kasus Covid-19 di Indonesia setiap harinya terus meningkat dan belum ada tanda-tanda akan mereda. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak terlalu santai apalagi menganggap virus ini sudah hilang.

Dengan keluarnya pernyataan baru soal penularan virus corona, Anda diharapkan dapat lebih waspada dan tidak meremehkan penyakit ini. Sebab jika suatu penyakit sudah bisa menyebar lewat udara, artinya risiko penularan akan semakin besar.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

PNS akan Segera Terima Gaji ke-13, Ini Besarannya https://t.co/xs9Xs3mZGm
Cegah Penyebaran Covid-19, Prajurit Kodim Majalengka Rutin Edukasi Masyarakat https://t.co/g8EIIxZuSp
Dua Bocah Terbawa Arus Sungai Muara Ciasem Blanakan, Subang. Satu Orang Berhasil Diselamatkan https://t.co/EvldmgmQQT
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter