FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pakar UNPAD Berikan Pendapat Tentang Bagaimana Seharusnya Vaksin Covid-19 Bekerja

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Ahli Mikrobiologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Mia Miranti berpendapat bahwa pengembangan vaksin virus corona mestinya disesuaikan dengan hasil mutasi virusnya. Hal itu dikarenakan mutasi setiap virus dipengaruhi oleh faktor inangnya.

"Vaksin Covid-19 di Indonesia seharusnya disesuaikan dengan karakter virus yang ada di Indonesia," kata Mira mengutip laman resmi Unpad, Senin (28/12).

Seperti diketahui, baru-baru ini sejumlah negara melaporkan adanya kasus mutasi baru dari virus corona. Mutasi baru dari virus corona disinyalir lebih berbahaya dari virus lama.

BACA JUGA:
Waduh! Varian Baru Virus Corona Terdeteksi di 18 Negara Ini
Hati-hati, Kebiasaan Sehat Ini Justru Malah Berbahaya Jika Dilakukan Berlebihan
Kenali 3 Masalah Kesehatan yang Terjadi Setelah Seseorang Jadi Pasien Covid-19

Mia menjelaskan, virus corona termasuk ke dalam kelompok virus RNA. RNA merupakan salah satu jenis dari asam nukleat yang menjadi ciri bahwa virus dikategorikan sebagai makhluk hidup.

Hasil penelitian di beberapa jurnal ilmiah menyebut bahwa kelompok virus RNA mudah mengalami mutasi. Ketika virus corona menginfeksi satu tubuh inang, maka RNA-nya akan melakukan replikasi atau berkembang biak.

"Replikasi virus ini tidak ada yang tidak menyebabkan penyakit pada inangnya, karena dia akan mengambil alih sistem kerja sel inang untuk proses reproduksi dia," ujar Mia.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tingkat Pasien Covid Sembuh di Subang di angka 70 persen https://t.co/PisprD71nk
Dinas Perikanan Subang Tebar 150 Ribu Benih Ikan Patin dan Emas di Situ Nagrog https://t.co/WcG18vkHSR
Viral mobil berlapis emas di social media. Rupanya di Kabupaten Subang https://t.co/8fldenCOKo
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter