FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Catat!, Ini Cara Turunkan Berat Badan Buat Kamu yang Malas Ber-olahraga

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Obesitas atau kegemukan memang telah menjadi masalah bagi sebagian banyak orang, selain mengganggu penampilan obesitas juga sangat mengganggu kesehatan karena tubuh biasanya akan lebih rentan terkena penyakit seperti diabetes, jantung, stroke atau bahkan kanker.

Apakah kamu termasuk orang dengan tubuh gemuk atau obesitas? Ada sejumlah cara untuk memastikanny, hal yang paling sederhana ialah dengan menghitung tinggi badan di kurang 100, itulah berat  ideal yang seharusnya kamu miliki, namun jika ingin lebih detail lagi, kami bisa juga menggunakan rumus Borca dengan menghitung rasio lingkar pinggang dan panggul.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, yakni dengan berolah raga dan mengatur asupan makanan yang dikonsumsi. Namun demikian, tidak sedikit orang yang malas untuk melakukan olah raga, alasannya bisa karena terlalu capek, tidak memiliki waktu karena kesibukan lain atau bahkan malas.

Lantas, adakah cara menurunkan badan tanpa harus berolah raga? ternyata ada, beberapa diantara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur pola makan dan gaya hidup.

BACA JUGA:
Apa Itu Parosmia? Gejala Baru Saat Seorang Terpapar Covid-19
Waspada!, Kebiasaan Minuman Ini Bikin Diet Kamu Gagal
3 Juta Dosis Vaksin Corona Sudah Mendarat di Indonesia, Kapan Mulai Didistribusikan?

Dikutip dari Kompas.com berikut ialah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi berat badan tanpa harus berolah raga:

1. Makan Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi dapat membuat kenyang lebih lama karena serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan.

Peningkatan asupan serat bisa menjadi salah satu langkah penting untuk mengurangi timbunan lemak di perut. Berikut beberapa bahan makanan berserat tinggi yang diyakini baik dikonsumsi untuk mengecilkan perut buncit: Kubis, Alpukat, Kacang polong,  Blackberry

2. Mulai Memasak Menggunakan Minyak Kelapa

Tidak semua minyak goreng memiliki efek buruk bagi kesehatan. Minyak kelapa misalnya.

Minyak ini justru baik digunakan dalam diet untuk mengecilkan perut buncit. Minyak ini tinggi kalori sehingga baik sebagai pengganti bahan makanan berlemak.

3. Konsumsi Lemak Ikan

Serupa dengan minyak, tidak semua lemak buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja lemak ikan yang terbukti kaya akan protein dan omega-3 yang bisa melindungi seseorang dari serangan penyakit, termasuk menghilangkan lemak di sekitar perut.

Konsumsilah lemak dari ikan herring, salem, sarden, dan teri tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat mengecilkan perut buncit.

4. Turunkan atau Hindari Stres

Ada anggapan bahwa tingkat stres berbading lurus dengan berat badan seseorang. Hal itu memang bisa saja terjadi karena stres bisa memicu tubuh untuk menghasilkan hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan.

5. Istirahat atau Tidur Cukup

Para pekerja terkadang kurang memperhatikan durasi tidur sehari-hari. Padahal orang-orang yang hanya tidur 5 jam sehari cenderung memiliki perut lebih buncit daripada orang yang tidur selama 7 jam sehari. Kurang tidur bisa memengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Tingkat Pasien Covid Sembuh di Subang di angka 70 persen https://t.co/PisprD71nk
Dinas Perikanan Subang Tebar 150 Ribu Benih Ikan Patin dan Emas di Situ Nagrog https://t.co/WcG18vkHSR
Viral mobil berlapis emas di social media. Rupanya di Kabupaten Subang https://t.co/8fldenCOKo
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter