FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Yuli Merdekawati, Masuk Daftar Lurah Tercantik di Indonesia

TINJAU SUBANG- Syahdan! Nama Lurah Cigadung, Subang, Yuli Merdekawati masuk dalam jajaran lurah tercantik di Indonesia bersama lurah Tilihuwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Nurmala Hamid Rahmola dan Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli

Nama Yuli dalam kategori itu, muncul dalam sebuah website SIklusDUnia.com. Ada lima nama lurah di Indonesia yang disebut lura tercantik di Indonesia, satu diantaranya adalah lurah kelahiran Subang tahun 1977 lalu itu. Lalu, apa reaksi Yuli?

"Saya tidak terpikir bisa masuk kategori itu. Tapi, buat saya kecantikan itu bukan dilihat dari fisik, tapi keluar dari dalam diri sendiri, atau inner beauty," kata Yuli kepada TINTAHIJAU.com, saat disambangi di kantornya, Kelurahan Cigadung, Kamis (22/1/2015).

Yuli, menjabat sebagai Lurah Cigadung sejak awal 2010 lalu. Dalam kepemimpinannya, wanita yang dikenal aktif, energik dan multitalent ini menanamkan kepercayaan dan berusaha menghilangkan skat antara atasan dan bawahan. "Buat saya tidak ada dinding pemisah antara atasan bawahan, sebaliknya saya adalah pelayan buat mereka, buat warga saya, dan ini harus dipertanggungjawabkan," kata alumni SMA PGRI 2 Subang itu.

Dalam menjalankan tugasnya, Yuli menggarap semua bidang sektor kehidupan. Dari mulai pendidikan, kesehatan, sosial-budaya, keamanan sampai pada wilayah keagamaan. "Semua bidang saya garap, karena itu satu kesatuan integral yang tidak bisa dipisahkan. Dan itu kita jalankan secara bersama-sama. Caranya, kita tanamkan kepercayaan ke mereka (bawahannya), sehingga yang berjalan adalah sistem, atau tidak bergantung kepada saya," paparnya.

Kendati kesibukannya sebagai Lurah menguras waktu dan pikiran, namun tidak membuat Yuli kehilangan aktivitas sosial di luar posisinya sebagai orang nomor satu di Kelurahan Cigadung. "Saya tidak memposiskan sebagai pejabat sehingga saya bebas melaksanakan kegiatan terutama untuk aksi sosial, saya senang dengan kegiatan yang berimbas baik kemasyarakat, seperti penanaman mangrove di pesisir pantura," jelasnya.

Selain kegiatan sosial, Yuli juga aktif di bidang kesenian dan budaya tradisional. Maklum saja sejak kecil, ia ditempa di keluarga yang ikut andil dalam pelestarian kesenian tradisional. Di bidang seni ini, wanita yang dikenal supel tersebut tidak hanya mewarisi yang melekat di keluarganya, tapi ia berusaha maksimal berkesenian tradisional. Ini
dibuktikan, wanita yang hobi makan pisang ini, sudah memiliki album lagu Sunda dan sudah merampungkan video klip.

"Seni-budaya itu menjadi bagian hidup saya dari kecil. Sehingga nempel di saya, bukan hanya keseniannya tapi nilai-nilai seni-budaya itu sendiri. Bagi saya berkesenian adalah perwujudan gotong royong, yang melahirkan kebersamaan dan kedamaian," terangnya.

Di tengah kepadatan aktivitasnya, istri dari Ali Munhar ini beruntung memiliki keluarga yang mencintai dan dicintainya serta mengerti kegiatan lurah yang memiliki hoby badminton tersebut. Sehinga, meskipun waktunya lebih banyak di luar, baik suami maupun anaknya tidak protes. "Keluarga tidak komplain, suami mengerti kegiatan saya. Dan saat saya di rumah, maka saya menjadi ibu untuk anak-anak, dan istri dari suami saya," kata Ibu dari Sharen Alfiya dan Ingeung Srengngehngngeh.

Di akhir perbincangan, Yuli berpesan, hidup harus memberi manfaat buat yang lain, tanpa harus tersekat ruang dan lingkup. "Buat diri saya, setiap harinya harus bermanfaat, sehingga saya tidak terjebak dengan program yang ada, kita berusaha utk berinovasi, kreatifitas, kuncinya kita membuka komunikasi dengan lain. Saya mencintai apa yg saya lakukan, baik di kantor maupun di luar kantor," jelasnya.

"Terpenting, kita bersyukur dengan yang kita punya dan dapatkan, dari sini kita berfikir bagaimana kita bisa memberi," pungkas alumni Universitas Subang dengan IPK 3.8 ini. [Annas Nashrullah]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

 

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Bubarkan Kerumuman Warga yang Asik Bermalam Minggu https://t.co/d1nhry7EJH
Bersama Cabup Lepi, Maman Imanulhaq Ajak Milenial Majukan Pariwisata Cianjur https://t.co/9rSzSYGIpt
Update Covid-19 Majalengka: Tambah 24 Orang Sembuh 9 Orang dan Meninggal 6 Orang https://t.co/sIzXoTPAly
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter