FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Era Boyband, Fani Setia Nengsih Setia dengan Seni Tradisional

Meski kebanyakan remaja menggandrungi musik modern, namun tidak buat Fani Setia Nengsih. Mojang Subang kelahiran 30 Mei 1999 ini tetap setia dengan seni tradisional.

Kecintaan Fani pada tari tradisional tak lekang dimakan waktu. Ia mengenal tari Jaipongan sejak masih duduk Sekolah Dasar. Maklum saja siswa kelas 1 SMAN 3 Subang itu lahir dari keluarga yang mencintai kesenian tradisional.

"Dari SD sudah dikenalkan kesenian tradisional, termasuk Jaipongan. Kebetulan keluarga aku suka seni tradisional. Mereka alhamdulillah, sangat suport," kata Fani kepada TINTAHIJAU.com.

Kecintaan Fani terhadap tari jaipongan terus terpelihara hingga ia kini duduk di bangku SMA. Kemahiran Fani di bidang tari jaipongan dibuktikan dengan sejumlah event yang ia ikuti. Lomba-lomba Jaipongan, baik tingkat Subang maupun Jabar ia ikuti.

Tidak hanya tanpil saat lomba, putri kedua dari pasangan Endang Mulyana- Neneng Sudarneng itu sering diminta untuk menyambut tamu yang hadir di Kabupaten Subang. Tidak tanggung-tanggung, tamu yang ia sambut adalah tokoh yang saat ini menjadi Presiden RI, Joko Widodo.

"Kalau dari luar negeri, menyambut Dubes Delgia, dan tokoh dari India, Italia, dan negara lain. Aku disitu menyambut ala sunda," katanya.

Fani yang menetap bersama keluarganya di daerah Rawabadak, Kelurahan Karanganyar, Subang itu mengaku tidak takut dengan kemajuan musik dan seni yang semakin maju. Sebaliknya ia bangga dengan seni tradisional yang ia gelutinya.

"Aku tidak takut disebut ketinggalan, meskipun banyak remaja seusiaku lebih menggandrungi seni modern. Karena buat aku, ini untuk pelestarian seni tradisional yang saat ini mulai ditinggalkan oleh anak remaja. Kalau bukan kita siapa lagi.," tegasnya.

Komitmen kecintannya kepada seni tradisional khususnya jaipongan, dibuktikan dengan obsesinya saat besar nanti. Berbeda dengan anak seusianya yang menargetkan cita-cita melangit, ia justru bersikap realistis. "Cita-cita aku ingin jadi guru seni tradisional. Aku udah terlanjur jatuh cinta dengan jaipongan, dan insya Allah, mudah-mudahan lancar, mau jadi guru seni tradisional," pungkasnya. [annas nashruillah l @JejakAnnas]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kunjungi PCNU Karawang, Maman Imanulhaq: PKB Siapkan Generasi Jenius Berbasis Pesantren. https://t.co/8QrO2VfVrR
Menko Luhut Janjikan 149 Ribu Lapangan Kerja Baru di Pelabuhan Patimban Subang https://t.co/GFp9o4TmPs
Melonjak Tajam, Hari Ini 35 Warga Subang Dinyatakan Positif Covid-19 https://t.co/EeoHtRyGoF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter