FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Yang Harus Kamu Tahu Seputar Homeschooling



Sekolah pada umumnya yang kita tahu di mana kamu harus dateng ke gedung, kamu ketemu gurunya di sana, dan kamu mengambil ilmu-ilmu nya di sana, dan nggak cuma kamu aja, tapi bareng temen-temen seangkatan kamu, antara 50-100 orang atau bahkan lebih.

Ada sekolah yang dikelola pemerintah (sekolah negeri)  dan ada juga sekolah swasta yang biasa dikelola sama yayasan di luar pemerintah. Nah selain dua itu tadi yang udah sering kamu denger, ada juga homeschooling.

Homeschooling atau sekolah di rumah, sebenernya konsep yang nggak beda jauh sama sekolah-sekolah pada umumnya, tapi tetep ada yang membuat homeschooling beda dari sekolah yang lain.

Kita udah ngobrol-ngobrol sama temen-temen yang mengambil homeschooling sebagai pilihan mereka dalam belajar di jenjang SMA nih.

Sekolah kayak bimbel

“Sebenernya homeschooling itu konsepnya kayak kalau kamu lagi bimbel aja. aku tetep dateng ke tempatnya atau bisa disebut ‘sekolah’nya dan dalam seminggu itu aku belajar selama 3 hari, yaitu hari Senin, Rabu dan Jumat. Waktu belajarnya juga lebih sebentar, cuma dari jam 9 pagi sampai jam 12 siang. Selain itu yaudah, nggak ada kegiatan ekstrakulikuler. Pelajaran yang praktikal kayak olahraga juga jadi nya cuma teori aja,” kata cowok yang punya panggilan CSR, seorang siswa homeschooling Kak Seto cabang Jati Bening Bekasi.

“Sekelas isinya juga nggak banyak-banyak, kebetulan kelas aku cuma 12 orang. Dan untuk SMA, ujian akhir juga nggak memuat Ujian Praktik jadi Ujian Nasional aja. By the way untuk ijazah, aku pribadi sih dapetnya ijazah SMA, bukan ijazah paket C”, lanjutnya.

Alasan seseorang dalam memilih homeschooling sebagai pilihan mereka melanjutkan pendidikan di jenjang SMA bermacam-macam.

“aku milih homeschooling karena aku udah tau passion aku apa, dan aku mau menekuni yang emang jadi passion aku aja. Rata-rata temen aku juga kayak gitu, karena kita tahu passion kita apa, jadi berani aja milih homeschooling karena mau menekuni passion kita masing-masing secara lebih dalam. Sejauh ini, selama 3 tahun aku SMA dan memilih homeschooling, aku nggak nyesel karna itu kan pilihan yang udah aku buat sendiri’, cerita CSR lagi.

Selain CSR, juga ada temen dari homeschooling lain, yaitu Jamet dari Homeschooling Primagama Depok.

“Kalau di tempat aku, aku ngambil sekolah yang penuh seminggu selama 5 hari.

Sebenernya bisa 3 kali seminggu aja, tapi gua memilih yang 5 hari selama seminggu yaitu hari Senin- Jumat supaya kegiatan aku full, jadi akunya juga nggak gabut,” katanya.

“Di hari Sabtu aku juga tetep masuk buat ikut kegiatan ekstrakulikuler. Selama seminggu pembagian perjam nya tuh kayak gini ; Senin-Selasa satu mata pelajaran dengan durasi 1,5 jam. Rabu-Jumat ada kelas yang namanya private lesson, itu durasinya lebih lama yaitu 2 jam tapi tetep satu mata pelajaran aja. Untuk jumlah siswa dalam satu kelas jumlahnya beda-beda sih, terserah kamu mau ngambil yang kelompok atau individu, kalau yang kelompok sekelas berisi 3-5 anak, sedangkan kalau individu ya sendiri, dan aku ngambil yang individu,” lanjutnya.

“Terus ngomongin masalah ijazah, kalau di homeschooling aku, kamu juga bisa milih, mau ijazah yang paket c atau ijazah biasa, tapi ijazah yang biasa cenderung lebih mahal.

Sebenernya poin aku kenapa milih homeschooling karena ya mau jadi lebih baik aja setelah punya masalah sama sekolah sebelumnya yang kebetulan sekolah yang bukan homeschooling atau sekolah pada umumnya. Kalau di homeschooling ini, lebih santai aja sih belajarnya dan semua kegiatannya juga lebih santai.”

Lain dari homeschoolingnya Jamet, lain lagi nih cerita Bay siswa homeschooling PKBM Tamansari Persada.

Bay dateng ke homeschoolingnya setiap hari karena dia udah kelas 12. “Untuk kelas 10 dan 11 cukup dateng 3 kali seminggu. Karena aku kelas 12 jam belajarnya dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang, dan hari sabtu libur,” paparnya.

Jadi, homeschooling itu peserta didiknya tetep dateng ke ‘sekolah’-nya guys, dengan isi siswa per kelas biasanya nggak lebih dari 15 orang. Untuk kegiatan ekstra di luar mata pelajaran pokok juga tetep ada, hanya intensitasnya yang lebih sedikit dibanding sekolah pada umumnya, di homeschooling juga nggak ada seragamnya.

Alasan mereka yang memutuskan untuk homeschooling di jenjang SMA pasti beragam. Gimana? Buat kalian yang baru mau masuk SMA, tertarik daftar homeschooling?

[hai]

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah 10 Kolam Renang untuk Rekreasi di Bandung https://t.co/4D3QrLbasc
Dinilai Piawai dan Apik, Sri Mulyani dan Luhut Jadi Menteri Jokowi Lagi https://t.co/Jf3kKpmbA4
Ini Dia Tempat Wisata Kekinian di Daerah Bandung https://t.co/YbRZvJ5h6g
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page