FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pasar Tradisonal Muara Nilai Gotong Royong

Dalam roda perekonomian, globalisasi memiliki pengaruh penting pada semua aspek kehidupan masyarakat, buruk dan baik dari dampaknya tengah terasa dalam konteks pembangunan ekonomi, dengan ditandainya investor minded para pelaku ekonomi dan pemangku kebijakan hari ini, maka urgensi arus invetasi memiliki posisi yang signifikan.

TINJAU OPINI LAIN:
Cegah Kekerasan Anak Melalui Optimalisasi Fungsi Keluarga
Tradisi Mudik dan Pengabdian Sang Jurnalis
Pengawasan Partisipatif Mendorong Terwujudnya Pilkada Berintegritas


Diantara bidang usaha yang menjadi tujuan investasi yakni pada sektor industri ritel modern, baik itu skala besar ataupun kecil, dengan demikian tak heran jikalau banyak bermunculan pasar modern dalam bentuk minimarket atau supermarket modern, yang tidak memerlukan waktu lama untuk tumbuh subur dan menjamur, dan mudah diminati oleh masyarakat.

Berkembangnya pasar modern tidak hanya terjadi di kota besar, melainkan sudah sampai kedaerah pedesaan, oleh karena itu muncul dikotomi keberadaannya dengan pasar tradisional ditengah laju perekonomian sebagai penopang stabilitas keuangan negara. Diterima ataupaun tidak, memposisikan modal diantara keduanya melahirkan indikasi munculnya ketimpangan ekonomi yang cukup jelas, serta mengarah pada masyarakat kapitalis, disini perlu kiranya upaya untuk menjaga stabilitas perputarannya.

Persaingan pasar modern dan tradisional kian tampak dipermukaan, seolah keberpihakan ada pada pasar modern yang dengan berbagai kelebihannya mampu berdiri tegak diatas berbagai tantang dan rintangan ekonomi hari ini. Pun demikian tidak memposisikan diri melulu untuk berpusar pada pasar tradisional. Walaupun sejatinya pasar tradisional memiliki kelebihan karena disana merupakan muara nilai gotong royong sari pati dari pancasila, ada dan terpatri dalam setiap diri manusia Indonesia.

Perlu kiranya sebuah konsepsi yang terintegrasi sebagai alternatif dan tidak ada tendensi pada salah satu, tetapi terpenting hari ini berbicar manajemen pasar tradisional untuk mampu bertahan dan bersaing dengan pasar modern, oleh karena itu perlu kiranya sinergisitas pemerintahan dan pelaku pasar untuk bersama pengembangkan dan memberdayakan keunggulan pasar tradisional dengan tujuan menjaga eksistensi pasar tradisional ditengah persaingan kapital yang kiat ketat.

Penulis Teguh Deni Aljabar


Twitter Update

KPK Selenggarakan Kelas Mendongeng Sebagai Kampanye Anti Korupsi https://t.co/xldZ87tW5C
Kemarau Panjang, Petani Bantarwaru Majalengka Tanam Palawija https://t.co/Mq3SOvWfgU
Ada 7 Ciri-ciri Anak Autisme. Jika dari ketujuh ciri ini dijawab minimal dua dengan jawaban tidak, maka itu sudah… https://t.co/intyqQMojh
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page