Lima Karakteristik Sekolah Unggul

Dapat memberikan bekal terbaik bagi sang buah hati merupakan harapan setiap orangtua. Adapun pendidikan dipandang sebagai investasi jangka panjang yang dipercaya mampu memberikan manfaat bagi anak dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di masa yang akan datang. Berbagai cara pun dilakukan oleh para orangtua untuk mendapatkan tiket di sekolah unggulan sekalipun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit ataupun menempuh cara – cara yang “kurang lazim”.

Ikhtiar yang dilakukan oleh para orangtua dalam memperjuangkan pendidikan terbaik bagi anak – anaknya tersebut sudah selayaknya kita apresiasi. Baik atau tidaknya kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah memang akan berpengaruh terhadap kesuksesan anak di masa depan. Namun, orangtua sebaiknya memahami ciri – ciri sekolah unggul yang benar – benar mampu mengantarkan anak – anak mereka untuk meraih cita – citanya.

Dalam pandangan penulis, setidaknya ada lima karakteristik yang melekat pada sekolah unggul. Pertama, kebersihan toilet sekolah terjaga dengan baik. Kebersihan toilet sekolah sejatinya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan anak serta kenyamanan mereka selama berada di lingkungan sekolah. Kondisi toilet juga mencerminkan keseriusan pemangku kebijakan di tingkat sekolah dalam upaya melahirkan generasi unggul berkarakter. Artinya, apabila menjaga kebersihan toilet saja tidak mampu, bisa dipastikan sekolah tersebut tidak akan mampu melakukan hal – hal yang lebih besar, termasuk mengantarkan anak untuk meraih kesuksesan.

Kedua, menjadikan program peningkatan kompetensi guru sebagai prioritas utama. Sekolah unggul benar – benar menyadari pentingnya peran guru sebagai ujung tombak dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Oleh karenanya, berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru terus dilakukan untuk menghadapi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memahami karakteristik peserta didik yang cenderung berubah dari masa ke masa. Mengadakan pelatihan atau seminar secara berkesinambungan merupakan agenda yang tak pernah dilewatkan oleh sekolah – sekolah unggulan.

Ketiga, menerapkan disiplin tinggi kepada seluruh guru serta siswanya. Sekolah unggul memandang kedisiplinan sebagai syarat mutlak untuk meraih kesusksesan. Oleh karena itu, reward and punishment benar – benar diberlakukan kepada mereka yang mengabdi maupun menimba ilmu di sekolah tersebut. Setiap pendidik dituntut untuk mampu memposisikan dirinya sebagai sosok yang pantas dijadikan panutan oleh anak didiknya.

Keempat, mampu menggugah partisipasi orangtua dalam proses pendidikan anak. Peran orangtua dalam menindaklanjuti proses pendidikan yang dilakukan oleh guru di sekolah akan sangat mendukung tumbuh kembangnya karakter anak sekaligus mendorong tercapainya tujuan pembelajaran. Sebaliknya, ketidakhadiran orangtua dalam menyukseskan program – program yang dicanangkan oleh pihak sekolah hanya akan mengakibatkan proses pendidikan berjalan secara parsial. Dalam hal ini, Komite Sekolah berperan penting dalam menjembatani komunikasi antara pihak sekolah dengan para orangtua.

Kelima, memperhatikan kualitas jajanan sekolah. Kesehatan jasmani merupakan modal penting bagi anak untuk dapat mengikuti proses pembelajaran dengan sebaik – baiknya. Adapun terpenuhinya kebutuhan gizi anak secara seimbang serta terhindarnya anak dari berbagai jenis makanan yang tidak layak konsumsi akan melindungi mereka dari berbagai gangguan kesehatan. Sekolah yang menyadari pentingnya kesehatan fisik peserta didik akan benar – benar menjaga kualitas jajanan yang beredar di lingkungan sekolahnya.

Itulah lima karakteristik sekolah unggul yang sebaiknya dijadikan bahan pertimbangan oleh para orangtua dalam memilih sekolah. Bukan saatnya lagi kita menilai mutu sebuah sekolah hanya dari luarnya saja. Ruang kelas yang terlihat megah tidak akan ada artinya apabila tidak didukung oleh para pendidik yang kompeten dan lingkungan belajar yang sehat. 

Ramdan Hamdani, Praktisi Pendidikan

Ikuti Lintasan Berita via socmed:

Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Pesawat Cesna Jatuh di Sungai Cimanuk Indramayu, 1 Orang Belum Ditemukan https://t.co/oTIHOIdWeD
Polisi Ungkap Penyebab Mobil Terbakar yang Tewaskan 5 Orang di Tol Cipali Majalengka https://t.co/aSAmO6REQs
21 Tahun Tanpa Kabar, TKI asal Cirebon Akhirnya Kumpul Bersama Keluarga https://t.co/63rzkjocRG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page