Sensasi Durian Cibatre dari Bantaragung Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.COM - Menikmati buah durian di tempat lapak pedagang, sudah terlalu biasa. Apa jadinya jika menikmati buah durian langsung dari pohonnya?

Majalengka, selain dikenal dengan Kecap dan Genteng, juga dikenal dengan komoditi buah Durian. Salah satu daerah penghasil Durian adalah Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi

Durian Majalengka, tidak hanya dikenal dan diburu warga Majalengka atau Jabar, tapi tidak sedikit yang datang dari luar Jawa. Durian Sinapeul salah satunya. Selain memiliki warna yang berbeda, daging dan rasa Durian Sinapeul punya kehkasan sendiri.

BERITA TERKAIT:

Terjebak Macet di Majalengka? Nikmati Dulu Durian Sinapeul Khas Sindangwangi

Tak Hanya Durian, Majalengka Juga jadi Gudang Jambu Kristal

Sensasi Kelezatan Durian Perwira dari Pohon Berusia Ratusan Tahun



Namun siapa sangka, selain Durian Sinapeul Majalengka memiliki Durian Cibatre dari Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi. Dari 1.200 Kepala Keluarga, sekitar 80% nya merupakan petani Durian.

Di Desa Batnaragung, Durian Cibatre mudah didapati. Sebab, keberadaanya seperti buah mangga atau lainnya, yang ada di setiap halaman rumah warga. Dengan begitu, bagi pecinta Durian, tdak harus repot untuk datang ke Kebun.

Kepala Desa Bantaragung Maman Surahman mengatakan, sejak puluhan tahun silam Desa Bantaragung adalah desa penghasil Durian yang ditanam di kebun-kebun dan halaman rumah warga.

VIDEO PILIHAN:
Heboh Perawat Cantik Senam Mojang Priangan di Hari Kesehatan
Lagi Viral!! Goyang Cantik Guru SMPN 3 Subang
BJ HABIBIE dari Subang, Ciptakan Pesawat untuk 5 Negara


"Jangan heran, jika ada yang jualan di pinggir-pinggir jalan baik jongko maupun kedai Durian adalah asli Durian dari petani kami di Bantaragung," kata Maman Kamis (28/11/2019)

Durian khas Desa Batnaragung adalah Durian Cibatre. Maman menjelaskan, Durian memiliki ukuran lebih kecil dengan warna kulit berwarna hijau dan tekstur daging lebih padat dan rasanya manis.

Pada November hingga Desember merupakan masa panen raya bagi Petani Durian. Banyak warga dari luar Majalengka, datang ke Desa yang berada di perbastan Majalengka-Cirebon untuk memburu Durian

Iwan Supriatna misalnya. Warga Bandung itu sengaja datang ke Majalengka untuk menikmati Durian dengan memetik langsung dari kebunnya. "Ini baru pertama kali, saya makan Durian langsung metik dari kebun. Dan ternayata, sensasinya beda dengan beli di JOngko," kata Iwan

Setelah habis satu buah, Iwan punya kesan sendiri dengan Durian Cibatre. Kata Iwan, Durian Cibatre ini memiliki dagingnya lebih padat, manis walaupun kulitnya hijau dan ukurannya agak kecil.

Untuk satu buah Durian Cibatre, warga cukup merogoh kantong baju. Sebab, dengan pecahan uang Rp50 ribu satu buah durian sudah siap disantap, dan masih ada kembalian pula.

Penasaran?

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Pemdes Cihambulu Gelontorkan Rp64.2 Juta untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19 https://t.co/omVIQVzG2S
Bulan Juni Ini Akan Ada 14 Fenomena Alam Langka, Catat Tanggalnya https://t.co/9rdosQCNEh
Pemkab Purwakarta Pastikan Pertokoan dan Pusat Perbelanjaan Jalankan Protokol Kesehatan New Normal https://t.co/AqG5CxzfjK
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter