FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ada Penyesuaian Tarif Tol Cipali, Ini Daftarnya

JAKARTA, TINTAHIJAU.com -  PT Lintas Marga Sedaya (LMS), bagian dari Astra Infra, yang mengelola konsesi jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 km, mulai memberlakukan penyesuaian tarif pada hari ini Jumat, 3 Januari 2020 pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1219/KPTS/M/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Pada tarif baru jalan tol Cipali tersebut, terdapat penurunan untuk kendaraan golongan 3 dan 4 sebesar 13% dan golongan 5 sebanyak 27%.

BERITA LAINNYA:

Tol Cipali Km 136 Indramayu Terendam Banjir Setinggi 20 Cm

Selama 2019, 51 Orang Tewas karena Kecelakaan di Tol Cipali

Akibatkan Banjir, Wabup Subang Ajak Pengelola Cipali Cek Saluran Air

 


Dalam keterangan resmi dikutip CNBC Indonesia pagi ini, tarif tol terjauh untuk asal dan tujuan perjalanan ruas tol Cikopo-Palimanan pada sistem transaksi tertutup mengalami penyesuaian:

- Golongan I menjadi Rp 107.500 dari Rp 102.000
- Golongan II Rp 177.000 dari Rp 153.000
- Golongan III Rp 177.000 dari Rp 204.000
- Golongan IV Rp 222.000 dari Rp 255,000, dan
- Golongan V Rp 222.000 dari Rp 306.000.

Presiden Direktur LMS, Firdaus Azis , mengatakan jalan tol Cipali telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk pengguna jalan tol.

"Astra Tol Cikopo-Palimanan senantiasa berupaya meningkatkan layanan terbaik diberbagai bidang kepada seluruh pemangku kepentingan. Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) telah memeriksa pemenuhan SPM di ruas tol kami dan dinyatakan SPM telah dipenuhi, " kata Firdaus, dalam keterangan resmi, Jumat pagi ini.

Adapun 8 indikator SPM yang harus diperhatikan BUJT ialah kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan dan bantuan pelayanan serta kebersihan lingkungan dan kelaikan Tempat Istirahat dan Pelayanan.

Dia mengatakan, disarankan bagi para pengguna jalan dapat memperhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti mematuhi batas kecepatan dalam berkendara, memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan secara rutin memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan selain itu dapat beristirahat setelah 4 jam perjalanan.

BERITA LAINNYA:

Sering Lewat Tol Cipali, Ini Tempat untuk Disinggahi

Cegah Kecelakaan di Tol Cipali, Polres Majalengka Akan Intensifkan Speed Gun

 


"Hal ini dapat mengurangi potensi kecelakaan dalam. Jika terjadi kendala saat berada di ruas tol Cipali, petugas sentra komunikasi akan siaga dan informatif melayani pengguna jalan tol selama 24 jam dengan menghubungi info layanan tol Cipali 0260 7600 600 dan akun resmi tol Cipali @ASTRATollCipali di Twitter dan Instagram."

Lebih lanjut, manajemen LMS menyatakan, penurunan tarif ini diharapkan turut mendorong kegiatan logistik dalam negeri. "Sebagaimana salah satu tujuan pembangunan jalan tol adalah membuka akses transportasi dan distribusi barang dari dan ke berbagai daerah. Dengan kata lain, pembangunan jalan tol mempengaruhi percepatan pembangunan di daerah," tulis pernyataan LMS.

Selain itu, dari sisi ekonomi, penyesuaian tarif tersebut bertujuan menjadi daya tarik bagi pihak swasta untuk ikut terjun berinvestasi ke jalan tol.

Menurut LMS, pemerintah memberikan kesempatan kepada para investor untuk turut serta dalam membangun infrastruktur negara. Seperti halnya dalam kepemilikan saham Jalan Tol Cipali ini, seluruhnya dimiliki oleh Astra Infra 55% dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) 45%.

LMS adalah pemegang konsesi jalan tol Cipali sepanjang 116,75 km di Provinsi Jawa Barat. Jalan Tol Cipali dimulai di KM 72 Cikopo, menghubungkan 5 kabupaten: Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka sebelum berakhir di KM 188 Palimanan, yang berada di bawah Kabupaten Cirebon.

Sumber: CNBCindonesia

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Curi Sarang Burung Walet, Polres Subang Bekuk Enam Warga Sukasari https://t.co/7RUdFPbZLh
Polisi: 2.667 Orang Ditangkap Pada Kerusuhan di 3 Demo Omnibus Law https://t.co/aK4plxf758
Wabup Subang Ingatkan Waspada Bencana Saat Musim Hujan https://t.co/NbMBxWia2a
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter