FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jamur Merang Desa Sukahaji Subang Terbang Hingga ke Aceh

CIASEM, TINTAHIJAU.COM- Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Desa Sukahaji, Kecamatan Ciasem, Subang, memproduksi bibit jamur merang pemasarannya tembus hingga ke daerah Lampung, Selasa (01/7/2020)

Pembuatan bibit jamur merang cukup mudah dan bahannya mudah di dapat. Selain menggunakan jerami juga bisa menggunakan kayu yang sudah lapuk termakan usia. Cara prosesnya siapkan media tanam untuk jamur merang, bahannya adalah jerami sisa panen padi yang telah dikeringkan kemudian jerami tersebut dibakar.

BERITA LAINNYA:

Jebolan Manajemen Informatika, Pemuda asal Majalengka ini Sukses Sebagai Pengusaha Budidaya Jamur Tiram

LIPI Uji Jamur Ajaib untuk Menangkal Covid-19

Ratusan Warga Ciasem Subang Menjadi Petani Jamur Merang


Sisa pembakaran jerami ini disebut sekam abu bakaran jerami tersebut yang dapat digunakan menjadi media tanam jamur merang dan simpan ditempat yang berlembab selama 7 hari bibit jamur sudah bisa di pasarkan.

"Alhamdulillah dari luar daerah seperti Lampung, Aceh dan Medan sudah banyak yang pesan bibit jamur merang," kata Ketua BumDes Baramuda, Wahyudin kepada TINTAHIJAU.com.

Dia mengatakan, saat ini stock bibir jamur yang sudah siap di pasarkan ada sekitar 500 log dengan kualitas bibit cukup tinggi dan subur.

Untuk daerah Lampung, Aceh dan Medan mereka memesan bibit jamur bisa mencapai sekitar 20 ribu log. Namun untuk memenuhi target tersebut butuh campur tangan pemerintah daerah untuk membantu pengadaan peralatan seperti tempat laboratorium.

"Sejauh ini kita masih tetap konsisten untuk meningkatkan budidaya jamur merang sebagai peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Subang Bubarkan Kerumuman Warga yang Asik Bermalam Minggu https://t.co/d1nhry7EJH
Bersama Cabup Lepi, Maman Imanulhaq Ajak Milenial Majukan Pariwisata Cianjur https://t.co/9rSzSYGIpt
Update Covid-19 Majalengka: Tambah 24 Orang Sembuh 9 Orang dan Meninggal 6 Orang https://t.co/sIzXoTPAly
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter