Monopoli Realisasi ADD, Polres Subang Jebloskan Kades Wanajaya

Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Subang menjebloskan Kepala Desa Wanajaya, Kecamatan Tambak Dahan, Subang. Dia diduga memonopoli realisasi anggaran dana desa selama tiga tahun yang akibatkan kerugian negara Rp180 juta

Kades Rakim diamankan dan ditahan POlres Subang terkait dugaan penggunaan ADD yang dimonopoli sendiri. Penggunaan ADD selama periode 2013-2016 mencapai Rp1.222.413,670 tidak melibatkan pihak lain. Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni menuturkan, program ADD yang diterima Desa Wanajaya itu dalam pelaksanaannya banyak tidak melibatkan pihak lain, baik BPD maupun LPM sehingga ada kerugian Negara sebesar Rp. 181.489.582.

"Jadi anggaran ADD dikelola sendiri oleh Kades sehingga terdapat pos-pos anggaran ADD yang tidak diserahkan atau disalurkan sebagaimana yang termuat dalam SPJ dan terdapat pekerjaan fisik yang tidak dilaksanakan," jelas Muhammad Joni.

Atas perbuatannya, tersangka diancam hukuman lebih dari 5 tahun karena melanggar pasal 2 jo 18 pasal 3 dan 9 Undang Undang No 20 Tahun 2001 atas perubahan Undang Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Bukan hanya Desa Wanajaya, Polres Subang sedang melakukan penyelidikan pada kasus yang sama terhadap desa lain. Potensi ada pelanggaran cukup besar. Sejauh ini, POlres masih melakukan pemeriksaan terhadpa saksi-saksi. "Kita juga masih melakukan pemeriksaan beberapa saksi terhadap tindak pidana yang sama di Desa yang berbeda. Tunggu saja," katanya.

Ikuti Lintasan Berita via socmed:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
Line: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Pengurus Kwaran Majalengka Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan https://t.co/RSJKRGTSIj
Bangun Sinergi, Ketua PD PUI Majalengka gelar Silaturahim dengan PCNU https://t.co/T4SiKAS9sW
Ini Jadwal Kepulangan 3 Kloter Haji asal Majalengka https://t.co/dRkfXy79eS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page