FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pengakuan Mengejutkan Kadis DPMD Majalengka Terkait Kasus Siskades

MAJALENGIKA, TINTAHIJAU.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Majalengka Umar Maruf angkat bicara terkait kasus program Sistem Keuangan Desa (Siskedes) yang saat ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari).

Umar Maruf mengatakan, saat akan melakukan bimbingan teknis (bimtek), dinas tersebut tidak ada anggaran untuk kegiatan itu. Di sisi lain, program Siskedes harus dilaksanakan lantaran waktu yang sudah sangat mepet.

BERITA TERKAIT:
Kejari Majalengka Geber Tuntaskan Dugaan Korupsi di DPMD
Geledah Dinas DPMD, Kejari Majalengka Angkut Dua Box Besar


"Karena tidak ada anggaran tercantum di DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) PMB (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) pada 2018, sedangkan 2018 ini terakhir dilaksanakan sistem bimtek itu (Siskedes). Sehingga ada inisiatif melalui swadaya," kata Umat di ruang kerjanya seperti dikutip dari SINDOnews Rabu (13/2/2019).

Terkait tidak adanya DPA, Umar mengaku tidak tahu persis penyebabnya. Sebab, saat program itu bergulir, dirinya belum menempati posisi kepala dinas. "Saya tidak (tahu) sejauh itu, apakah diusulkan sebelumnya. Cuma untuk 2018 tidak ada anggaran untuk bimtek itu," kata dia.

Umar juga mengaku tidak mengetahui secara detail apakah jika pelaksanaan itu diundur hingga ada anggaran akan ada konsekuensi tersendiri atau tidak. "Saya kurang tahu persis, cuma memang pernah ada informasi, jadikan MoU Kemendagri dengan BPK itu tiga tahun, (dari) 2015. Jadi 2018 terakhir kan. Ya artinya 2018 itu harus sudah selesai," papar dia.

"Saya kurang tahu persis ya, apakah ada dampak (atau tidak ketika program itu tidak terealisasi). (Namun) otomatis kan kalau ada pemeriksaan akuntabel pasti ada ya. BPK juga kan sekarang sudah memeriksa keuangan di desa. Ya mungkin nanti akan ada temuan," pungkas Umar.



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
Youtube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Milangkala ke-14, Viking Ganas Usung Seni Tradisional. Bupati Subang pun terharu dengan kontribusi Viking dalam me… https://t.co/OHZ24EUFap
Open Mic, Menertawakan Majalengka Bersama Wakil Bupati https://t.co/tiioexdY0s
Siaga Bencana, Polres Majalengka Dirikan Posko Tanggap Darurat https://t.co/jLs4gDoOZR
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page