FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

4 Warga Ligung Majalengka Terserang DBD, Aksi Pengasapan Ditingkatkan

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Empat warga Kecamatan Ligung, Majalengka, terpapar demam berdarah (DBD). Keempat warga itu berasal dari tiga desa.

Data dari UPTD Puskesmas Ligung yang dikutip dari Radar Cirebon, keempat orang itu adalah NAI (22) warga Desa Leuweunghapit, Rtn (35) warga Desa Majasari, MAL (9) dan RM (10) keduanya warga Desa Leuwiliang Baru. "Semuanya tertolong dan kini sudah sehat serta beraktivitas seperti biasa," Kepala Puskesmas Ligung, Eli Yuliawati

Eli menerangkan, salah satu upaya untuk menekan bertambahnya warga yang terkena DBD, pihaknya melakukan pengasapan atau fogging di sejumlah titik. Pengasapan ini, menjadi salah satu cara untuk menekan pengembang biakan nyamuk Aedes Aegypti. Meskipun, fogging ini hanya bisa membunuh jenis nyamuk dewasa saja. Sedangkan jentiknya tidak bisa mati oleh fogging atau pengasapan.

Eli menambahkan, hal yang bisa menekan perkembang-biakan nyamuk Aedes Aegypti adalah dengan berperilaku hidup bersih dan sehat, terlebih saat ini musim hujan. Membuang sampah sembarangan bisa memicu perkembang biakan nyamuk, begitu juga genangan air bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

"Karena jentik nyamuk itu hidupnya di genangan air. Maka perlu dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3 M yaitu menutup, menguras dan mengubur," jelasnta

Kepala Desa Leuweunghapit Didi Suryadi menyatakan kondisi warga yang terkena DBD itu saat ini sudah pulih kembali. Pemdes, kata Didi menggencarkan gerakan Fogging untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk jenis Aedes Aegypti.

"Lingkungan bersih tidak menjamin akan bebas dari berkembangnya nyamuk. Namun untuk menghindarinya kita bisa dengan PSN dan 3M serta menabur abate,” tukasnya.

Camat Ligung Maman Komarudin mengimbau masyarakat agar menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat melalui gerakan 3 M. Gerakan 3 M meliputi Menguras bak mandi, Menutup penampungan air dan Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air.

foto kampanye DBD merdeka.com (ilustrasi)

 


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

OJK Cabut Izin Usaha BPRS Gotong Royong Subang https://t.co/mIlH9y1xDc
Sambut New Normal, Hotel dan Resto di Subang Mulai Kuda-kuda https://t.co/dE4toZS6ae
Bukan Hanya Saat Pandemi Covid-19, Dedi Mulyadi: Pemangkasan Anggaran Harus Jadi Tradisi https://t.co/iNjEeCTNaM
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter