Dokter RSHS Bandung: Suspect Virus Corona Mugkin Bisa Bertambah



Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung dr Tommy Ruchimat menuturkan, pihaknya telah menerima pasien pada Minggu 26 Januari 2020 siang. Pasien merupakan laki-laki berusia 31 tahun asal Tiongkok.

"Tadi siang, dari RS Cahaya Kawaluyaan, (RSCK) pasien 31 tahun WNA Tiongkok. Dia dianter sama translaternya dan membawa surat pengantar dari RSCK untuk pemeriksaan dengan dugaan terkena virus Corona itu, " Ucap Tommy saat dihubungi, Minggu (26/1/2020) malam.

Di RSUD, kata dia, pasien diperlakukan sebagai suspect karena ada riwayat ada demam, pasien pulang dari Tiongkok 12 hari yang lalu.

BACA JUGA:
Antisifasi Coronavirus, BIJB Majalengka Dilengkapi Alat Pendeteksi Virus
Cara Mencegah dan Menghindari Virus Corona
Ular Mungkin Jadi Penular Virus Corona di Wuhan China

"Kita perlakukan sebagai pasien terduga. Jadi kita siapkan alat proteksi diri karena khusus kasus luar biasa. Kita observasi, lakukan pemeriksaan seperti apus tenggorokan, thorax foto, pemeriksaan lab, darah," Ucap dia.

Sebelum magrib, lanjut dia, pasien disiapkan dulu ruang inap. Untuk diketahui di RSUD terdapat dua ruang Isolasi yaitu di IGD dan yang di Kemuning (Ruang infeksi khusus Kemuning).

"Ada jalur khusus (dari IGD) kita observasi sambil nunggu hasil kita transfer ke RIKK, dan sekarang sudah di RIKK," kata dia

Tommy pun mengindikasikan, akan adanya tambahan suspect namun belum bisa dipastikan.

"Kemungkinan ada satu lagi, dari dokter spesialis paru tapi tidak langsung ke IGD tapi ke RIKK. Sampel baru mau dikirim besok," kata dia.

Sumber: Pikiran-Rakyat | Foto: ANTARA/REUTERS

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

14 Orang Reaktif Hasil Rapid Test di Pasar Kasomalang Subang https://t.co/OrJJPW2mxY
Banyak Dapat Pesanan, Dedi Mulyadi Manjakan Pasien Covid-19 dengan Makanan Enak https://t.co/98Oxckp9No
PSBB di Jabar Kembali Diperpanjang Hingga 12 Juni https://t.co/faOUQ1tEto
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter