FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Sebulan, 34 Kali Bencana Alam Terjang Kabupaten Majalengka

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalemgka mencatat ada 34 bencana yang melanda Kabupaten Majalengka di bulan Januari 2020.

Jumlah itu didominasi oleh bencana tanah longsor. Kepala Pelaksana BPBD Majalengka, Agus Permana mengatakan kriteria bencana didominasi oleh bencana di musim penghujan, seperti tanah longsor, erosi, dan banjir.

Ia merinci telah terjadi 15 kali peristiwa tanah longsor, 5 erosi, 4 cuaca ekstrem, 2 banjir, 1 sambaran petir, pergerakan tanah, 1 kebakaran, dan 5 kejadian lainnya. "Dari peristiwa tersebut mengakibatkan 104 bangunan terdampak. Di antaranya 6 bangunan rusak berat, 6 bangunan rusak sedang, 12 bangunan rusak ringan, 66 bangunan lainnya juga rusak, dan 14 bangunan sempat terendam," ujar Agus, Sabtu (1/2/2020).

Agus menambahkan, peristiwa itu juga mengakibatkan adanya korban hingga meninggal dunia, 11 orang mengungsi dan 59 orang lainnya terdampak saat peristiwa terjadi.

"Selama bulan Januari 2020, total ada 24 kepala keluarga dan 71 orang di dalamnya yang terdampak akibat bencana alam ini. Bencana menimbulkan satu orang meninggal dunia.,104 bangunan terdampak, dan 84 bangunan lainnya terancam,” ucapnya.

Mengingat, masih akan berlangsungnya kondisi curah hujan yang tinggi hingga beberapa pekan ke depan, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada. peripeTerutama untuk warga yang bermukim di kawasan zona merah bencana alam.

"Mengantisipasi adanya potensi bencana alam, kami telah menyediakan posko bencana alam. Masyarakat juga harus aktif serta koordinasi dengan pihak berwenang jika mengetahui peristiwa bencana alam di wilayahnya," katanya.

Sumber: tribunjabar.com


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Makanan Ini Dipercaya Bisa Tingkatkan Kejantanan Pria https://t.co/m4TgNIbjtV
Anggota DPRD Muda dari PAN Kritik Tajam Postur Belanja RAPBD Perubahan Pemkab Subang https://t.co/ZR7lYVdcah
Pemkab Purwakarta Pastikan Pemenuhan Kebutuhan Pangan di Tengah Pandemi https://t.co/nFdtS6ka49
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter