FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bagaimana Aturan Mudik Lokal untuk Wilayah Jabar?



Momen Hari Raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi ke rumah sanak saudara yang masih satu wilayah. Tradisi yang akhir-akhir ini disebut mudik lokal itu tak dilarang di Jabodetabek meski dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Namun, seperti tahun-tahun sebelumnya, mudik lokal berpotensi membuat kerumunan lebih dari 5 orang dan lonjakan volume kendaraan sehingga dikhawatirkan memperparah penyebaran virus corona.

Merespons hal ini, Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Kombes Eddy Junaidi, mengisyaratkan tetap melarang masyarakat Jabar melakukan mudik lokal saat Lebaran nanti. Misalnya, dari Kota Bandung ke sekitarnya seperti Bandung Barat, Bandung Kabupaten, hingga Cimahi.

BACA JUGA:
Nekat Mudik, Sanksi Berat Menanti ASN
Masyarakat Masih Bingung, Sebenarnya Mudik Itu Boleh atau Tidak?
Kakorlantas: Mudik Tetap Dilarang meski Transportasi Umum Beroperasi lagi
Empat Tips Seru Rayakan Lebaran Meskipun Tidak Mudik


"Sekarang kita masih harapkan warga sebisa mungkin tidak melakukan silaturahmi atau mudik lokal ke rumah sanak saudara saat Lebaran," kata Eddy seperti yang kami kutip dari laman Kumparan.

Eddy juga mengimbau kepada masyarakat agar disiplin mematuhi larangan mudik yang telah dikeluarkan pemerintah. Termasuk aturan pembatasan beraktivitas selama PSBB Jabar untuk mempercepat putusnya rantai penyebaran virus corona.

"Lebih baik sementara komunikasi dengan keluarga lewat media sosial dulu," ujarnya.

Selama PSBB Jawa Barat, ada sekitar 232 titik penyekatan di tingkat kabupaten kota dan 25 titik di tingkat provinsi untuk mempersempit ruang gerak pemudik.

Eddy mengatakan jajarannya juga menyiapkan cara untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas dan masyarakat di Jawa Barat saat momen Lebaran nanti.

"Sampai saat ini situasi arus lalu lintas masih lancar terkendali. Tapi kami sudah menyiapkan cara bertindak (rekayasa lalu lintas) baik di ruas jalan tol dan arteri," pungkasnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo, juga mengimbau masyarakat agar sebisa mungkin tidak berkumpul dengan keluarga dalam jumlah besar, meski tidak ada batasan bagi masyarakat yang melakukan silaturahmi di wilayah Jabodetabek.

"Ada imbauan memang untuk jangan dulu kumpul-kumpul keluarga dalam jumlah besar, tapi kalau terpaksa silaturahmi, maka iya tetap terapkan peraturan PSBB," ungkapnya.

Sumber: Kumparan | Foto: Agung Rajasa/ANTARA

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Makanan Ini Dipercaya Bisa Tingkatkan Kejantanan Pria https://t.co/m4TgNIbjtV
Anggota DPRD Muda dari PAN Kritik Tajam Postur Belanja RAPBD Perubahan Pemkab Subang https://t.co/ZR7lYVdcah
Pemkab Purwakarta Pastikan Pemenuhan Kebutuhan Pangan di Tengah Pandemi https://t.co/nFdtS6ka49
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter