FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ledakan di Libanon Berasal dari Zat Amonium Nitrat



Dunia digegerkan dengan ledakan di Lebanon yang dahsyat akibat amonium nitrat. bagaimana bahan pupuk ini bisa jadi begitu berbahaya?

Amonium nitrat terdiri dari kation amonium (NH4) dan anion nitrat (NO3) sehingga menjadi formula senyawa amonium nitrat (N2H4NO3). Nah, orang-orang terutama petani mengenal amonium nitrat sebagai pupuk.

Kalau ini adalah bahan pupuk, kenapa bisa meledak seperti bahan bakar migas? Seperti diihat dari Live Science, Rabu (5/8/2020) ada rangkaian proses kimia yang terjadi sehingga amonium nitrat bisa meledak dengan dahsyat.

BACA JUGA:
Kembali Bertambah, Kasus Covid-19 di Majalengka Tembus 31 Orang
81 Orang Sembuh, Kasus Positif Covid-19 di Subang Tersisa 1 Orang
Kasus Positif Tak Bertambah, Jumlah Warga Kontak Erat di Purwakarta Berkurang 16 Orang
Terungkap Penyebab Wafatnya Ustadz Asmala dan Epin Saat Sembelih Hewan Kurban

Amonium nitrat dari unsur kimianya mengandung senyawa nitrogen. Nitrogen ini memang bermanfaat untuk pertanian. Itu sebabnya amonium nitrat sering ditambahkan ke pupuk NPK (nitrogen phosporous potassium).

Nah, tapi ada bahayanya nih. Amonium nitrat rentan terhadap api. Api dapat memicu reaksi kimia yang berbahaya seperti halnya yang terjadi dengan ledakan di Lebanon.

Ketika amonium nitrat tersulut api, sifat zat padat padanya mendadak berubah menjadi dua jenis gas. Dengan kata lain, amonium nitrat ini meledak.

Dua gas yang ditimbulkan itu adalah nitro oksida (N2) dan uap air (H2O). Tahu nitro oksida? Itu lho, gas yang dipakai untuk teknologi NOS (nitrous oxide system) yang suka dipakai di mobil balap dalam film Fast and Furious.

Sedikit saja, bisa membuat mobil Dominic Toretto melesat secepat kilat mengejar musuh-musuhnya. Sekarang bayangkan kalau yang meledak sebanyak 2.750 ton.

Tidak heran kalau dampak ledakan di Lebanon tersebut tidak main-main. Puluhan orang tewas dan 4.000 lainnya luka-luka akibat insiden ledakan bahan kimia tersebut.

Sumber: detikInet | Foto: BBC World

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jadwal Pemadaman Listrik Senin 28 September di Kecamatan Purwadadi dan Cikaum https://t.co/qXip0AKLbe
Bagaimana Jika Pasangan Kamu Minta Putus? Jangan Galau, Begini Aja https://t.co/q9em0fxinF
Deteksi Gempa, BMKG Pasang Satu Seismograph di Subang https://t.co/c0upN9xCwr
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter