FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Potret Kusam dari Daerah Perbatasam Subang



"Jalan menuju desa Cupunagara sudah puluhan tahun tidak diperbaiki.  Padahal itu Jalanan penghubung satu-satunya antara Desa Cupunaga dan Kecamatan Cisalak," kata warga desa Cupunagara, Ahmad (40) kepada TINTAHIJAU.com.

Jika dibiarkan, menurut Ahmad jalan tersebut akan rusak parah dan desa Cupunagara bisa terisolasi. Jalan tersebut merupakan jalan satu-satunya menuju Kecamatan dan Subang kota. Padahal jika diperbaiki, jalan menuju desa Cupunagara yang menembus hutan belantara milik PTPN tersebut bisa dijadikna alternatif wisata alam.

Di epanjang jalan menuju ke desa tersebut kita akan disuguhi pemandangan hutan yang menabjubkan, di sisi kanan dan kiri terhampar pesawahan dan rumah-rumah penduduk yang terlihat kecil jika dilihat dari atas dan sesekali kita juga akan menembus lorong hutan lebat yang akan membuat adrenalin terpacu. "Jika jalan tersebut mungkin orang desa sini akan lebih sejahtera karena akses ke kota lebih mudah," tuturnya.

Warga Kampung Cibitung desa Cupunagara, Rohmat (42) menuturkan karena akses menuju kota Subang sangat sulit banyak warga yang menjalankan aktifitas perekonomiannya memilih ke Lembang. Kampung Cibitung yang letaknya sekitar 4 Km dari kantor desa Cupunaga merupakan kampung yang bebartasan langsung dengan Kampung Ciberem Desa Wangunharja Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

"Untuk kegiatan perekonomian seperti menjual dan membeli barang keperluan sehari-hari kita lebih memilik langsung ke Lembang, karena jalan menuju kesana bagus, kita hanya butuh waktu 20 menit untuk sampai ke Lembang," katanya.

Memang sangat berbeda jauh sekali perbedaan antara Desa Cupunaga dan Kampung Ciberem Desa Wangunharja Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat walaupun desa Wangunharja merupakan desa paling ujung kondisi jalannya sudah di hotmix dan perekonomian mereka lebih maju.

"Jika jalan menuju kota Subang diperbaiki, aktifitas perekonomian seperti jual dan beli hasil pertanian dan keperluan untuk warga akan seperti dulu lagi, ke kota Subang," tuturnya. [Warlan putra | @warlanPutra]


Twitter Update

Terbangkan Pesawat Tanpa Awak, Wabup Subang Terima Brevet dari FASI https://t.co/92WbjsY016
Lanud Suryadarma Kalijati jadi Tuan Rumah Kejurnas Terbang Layang https://t.co/t5K9OckO3U
Menengok Aktivitas Polisi asal Papua di Jatiwangi Majalengka https://t.co/KXTPFPhZHt
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page