Waspadai Kanker Mata Pada Anak Usia Batita. Ini Tanda-tandanya

Kanker pada bagian retina mata atau retinoblastoma mengancam anak-anak usia di bawah tiga tahun. Memeriksakan mata secara rutin bisa menjadi solusi untuk mendeteksi dini kondisi mata anak-anak.

Hal ini yang dilakukan UPTD Puskesmas Majalengja. Mereka melaksanakan deteksi dini pemeriksaan Kanker Mata pada anak yang dilaksanakan di tujud desa/kelurahan, Rabu (25/8/2018).

Kepala UPTD Puskesmas Majalengka Siti Romlah Setiawangsih, SKM, mengatakan Retinoblastoma adalah kanker di retina mata paling sering dijumpai pada anak berusia antara 6 bulan sampai 2 tahun.

"Gejala yang perlu diwaspadai adalah bercak putih di bagian tengah mata (retina) yang seolah bersinar bila kena cahaya (seperti mata kucing), penglihatan terganggu atau mata menjadi juling dan pada stadium lanjut, bola mata tampak menonjol," kata Siti Romlah kepada TINTAHIJAU.com

Adapun tujuh desa/kelurahan yang masuk dalam program deteksi dini pemeriksaan Kanker Mata pada anak yaitu kelurahan Majalengka wetan, kelurahan Tonjong, kelurahan Sindangkasih, kelurahan Cicurug, Desa Kulur, Desa Cibodas dan Desa Kawunggirang.

Untuk satu lokasi pemeriksaan, Puskesmas melibatkan seorang Dokter. Tujuan kegiatan tersebut adalah mendeteksi sedini mungkin kanker mata pada anak dengan harapan anak-anak di wilayah UPTD Puslesmas Majalengka terbebas dari Kanker Mata.
"Program ini sudah berjalan selama satu bulan dan masih akan betlangsung satu bulan kedepan," pungkasnya. (Echa)



Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

DP3AKB Majalengka Buka Pendampingan Bagi Anak yang Ortunya Positif Covid-19 https://t.co/UAAUmv9U46
Jalani Isolasi 14 Hari, Pemcam Cipeundeuy Bantu Kebutuhan Sembako https://t.co/0uuwsqOmZD
Gugus Tugas Indramayu Waspadai Lonjakan Covid-19 Pasca Idul Fitri Cc @kotaindramayu https://t.co/eLwLW4VAUv
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter