FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Doa Puluhan Buruh Subang untuk Marsinah

TINJAU KALIJATI- Puluhan buruh Subang yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh dan KASBI menggelar malam perenungan mengenang Marsinah. Kegiatan itu digelar di pintu tol Cipali, Kalijati.

Marsinah, lahir di Nglundo, 10 April 1969 dan meninggal 8 Mei 1993 lalu. Marsinah adalah h seorang aktivis dan buruh pabrik PT. Catur Putra Surya (CPS) Porong, Sidoarjo, Jawa Timur yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993 setelah menghilang selama tiga hari. Mayatnya ditemukan di hutan di dusun Jegong, desa Wilangan dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat.

Hingga saat ini, kasus pembunuhan Marsinah masih misterius. Semula ada 10 orang yang ditangkap dan dijatuhi hukuman. Namun di tingkat Banding dan Kasasi, mereka akhirnya dinyatakan bebas. Marsinah memperoleh Penghargaan Yap Thiam Hien pada tahun yang sama. Kasus ini menjadi catatan Organisasi Buruh Internasional (ILO), dikenal sebagai kasus 1773

Hari ini adalah 23 tahun tewasnya Marsinah. Puluhan buruh Subang mengenang Marsinah dengan melakukan perenungan malam di pintu tol Cipali, Kalijati. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas buruh terhadap sosok Marsinah.

"Malam ini kami melakukan perenungan untuk mengenang jasa-jasa almarhum dalam melawan para pemilik modal di masa orba," kata seorang buruh, Murdan kepada TINTAHIJAU.com, Jumat (8/5/2015)

Renungan malam itu dilakukan dalam suasana gelap. Hanya cahaya lilin yang menerangi aksi solidaritas tersebut. Di sela-sela acara, puluhan buruh ini menyalakan lampion bergambar Marsinah dan menerbangkannya, sebagai bentuk salam perpisahan dan doa serta harapan buruh terhadap Marsinah.

Selain untuk mengenang Marsinah, malam perenungan juga, kata Murdan, untuk memotivasi buruh dalam semangat membebaskan kaum buruh Subang dari belenggu penindasan kaum kapitalis. "Kita juga mendoakan Marsinah diterima di sisi Allah. Pelaku dan otak pelaku pembunuhannya segera diadili seadil-adilnya," pungkas Murdan. [annas nashrullah l @jejakannas]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bedah Rumah, Golkar Subang: Kami Beri Bukti Bukan Obrol Janji https://t.co/XryO13kTtJ
Nadiem Makarim: Dana BOS Boleh Dibelikan Kuota Internet https://t.co/1zp28rVTI4
Polres Subang Terima Penghargaan Sebagai Sahabat Anak dari Kak Seto https://t.co/2C1UWcfQB5
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter